Budaya kesenian Haderat yang memasyarakat di Fakfak.



Fakfakinfo,- Tifa Haderat, demikian sebutan umum masyarakat Fakfak pada sebuah alat musik perkusi yang bahannya terbuat dari kayu dan kulit hewan. Alat musik dengan bentuk bulat lalu bagian atasnya menggunakan kulit hewan ini sering digunakan oleh masyarakat asli Fakfak yang beragama muslim pada kegiatan – kegiatan penting seperti menyambut tamu, pesta pernikahan, dan hajat keagamaan lainnya.
Hal tersebut terlihat pada saat mengantar keluarga mereka  yang hendak menunaikan ibadah Haji ke tanah Suci Mekah, dimana terlihat setiap peserta dari rombongan haji yang akan berangkat ke Tanah suci  diantar dengan iring – iringan musik haderat dengan tari – tariannya.
Selain masyarakat asli Fakfak yang beragama muslim ternyata juga musik Haderat ini juga digemari  oleh warga pendatang Muslim yang telah hidup bertahun – tahun di daerah Fakfak. Mereka para pendatang Muslim juga sering menampilkan kesenian Haderat pada acara pernikahan,  juga  saat mengantarkan sanak keluarganya yang hendak menunaikan ibadah Haji ke Mekah Arab Saudi.
Sehingga kesenian Haderat ini telah menjadi suatu kebutuhan bagi warga muslim asli papua maupun para perantau muslim yang berdomisili di Fakfak hingga terlihat kesenian daerah ini telah sangat memasyarakat didalam kemajemukan masyarakat Kabupaten Fakfak. (**)
Budaya kesenian Haderat yang memasyarakat di Fakfak. Budaya kesenian Haderat yang memasyarakat di Fakfak. Reviewed by Fakfak on 16:04:00 Rating: 5
Powered by Blogger.