DPR RI Ungkap Dana DAK yang Tak Ditahu Pemda Manokwari

MANOKWARI,—- Pemerintah Kabupaten Manokwari diminta untuk memanfaatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat yang selama ini jarang diketahui pemerintah Daerah.
Proyek pembangunan bendungan di Sungai Wariori Manokwari. Proyek ini senilai 238 Miliar dan ditargetkan selesai  tahun 2016. | CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala
Proyek pembangunan bendungan di Sungai Wariori Manokwari. Proyek ini senilai 238 Miliar dan ditargetkan selesai tahun 2016. | CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Pemkab diminta untuk segera mengajukan proposal pembangunan kepada pemerintah pusat untuk memperoleh dana tersebut.
“Kita di daerah mana tau ada dana sebesar itu di pemerintah pusat. Kalau komisi V DPR RI tidak menyampaikan itu, barang kali selamanya daerah tidak akan mengetahui,”  kata ketua Komisi A DPRD Manokwari Ayu Humairah Bataray beberapa waktu lalu.
Terkait hal ini, salah anggota Komisi V DPR RI Sigit Susiantomo saat bertatap muka bersama DPR dan Pemkab Manokwari, Senin (23/2/2015) lalu mengungkap,pemerintah pusat memiliki anggaran pada postur Dana Alokasi khusus (DAK) yang jumlahnya cukup besar ditahun anggaran 2015. Dana tersebut dapat dimanfaatkan pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur.
Dana tersebut, diprioritaskan untuk pembangunan irigasi,  Sanitasi air bersih, infrastruktur kesehatan dan infrastruktur pasar.  Sigit saat itu menyarankan, Pemda mengajukan usulan agar dapat terealisasi ditahun 2016. “Sebab APBN tahun ini sudah dibahas dan disahkan,” katanya saat itu.
Melihat kondisi daerah dan kebutuhan pembangunan daerah ini, tegas, ayu mengatakan, Manokwari wajib untuk mendapat jatah atas dana tersebut. Agar pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas pengalokasian DAK pemerintah pusat ini dapat dinikmati warga Manokwari.
“Infrastruktur kita masih terbelakang dari daerah lain. Kedua soal Sanitasi, ketersediaan air bersih di Manokwari belum merata. Selain itu soal kondisi pasar, dan irigasi untuk lahan pertanian dan perkebunan.  Tidak ada alasan. Manokwari harus mendapat dana itu,” imbuhnya. |TOYIBAN

Sumber : CAHAYAPAPUA

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :