Senator Mervin Kecewa kepada LNG Tangguh

Teluk Bintuni – Senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Propinsi Papua Barat, Mervin Sadipun Komber pada bulan Maret 2015, melakukan reses atau kunjungan kerja dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat termasuk melihat proses pembangunan di daerah pemilihannya. Salah satu wilayah yang dikunjungi Senator Mervin adalah Sebyar yang menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

“Dalam reses ini, saya ingin melihat dari dekat perkembangan pembangunan di wilayah ini,” kata Senator Mervin Sadipun Komber saat sandar di dermaga Kampung Lama Bintuni sesaat kembali dari Weriagar, dalam rangkaian agenda reses pada Maret 2015.

Dalam kunker kali ini, salah satu agenda Senator Mervin adalah berdialog dengan masyarakat terkait kepeduliaan LNG Tangguh terhadap masyarakat Adat Sebyar. Saat itu, Senator Mervin didampingi dan Tim Pemekaran Sebyar dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Teluk Bintuni, Drs. J. Ibiraham, yang mewakili Bupati Teluk Bintuni.
Senator Mervin menyatakan kecewa kepada LNG Tangguh. Pasalnya, Mervin menilai perusahaan energi yang mengekplorasi gas di wilayah itu, belum menunjukkan kepeduliaan dan komitmennya untuk membantu masyarakat.
“Ironisnya di bagian daratan Sebyar dilanda kegelapan, sedangkan di bagian tengah lautan gas diangkut  keluar negeri. Aneh dan ajaib. Apa susahnya memanfaatkan gas Tangguh untuk menerangani kampung-kampung di wilayah Teluk Bintuni terutama di wilayah Sebyar,” kata Mervin kecewa.
Pada kesempatan itu, Senator Mervin menyayangkan rendahnya kepeduliaan BP Migas kepada masyarakat Sebyar. Mervin mempertanyakan program CSR dan Comdev dari LNG Tangguh terhadap masyarakat Teluk Bintuni.

Menurut Mervin, LNG Tangguh wajib menjelaskan hal ini kepada publik. Penjelasan tersebut, lanjut Mervin, sangat penting untuk melihat seberapa besar komitmen LNG Tangguh bagi masyarakat Sebyar khususnya dan masyarakat di Kabupaten Teluk Bintuni pada umumnya.
“LNG jangan hanya mengangkut gas keluar negeri. Tetapi harus berkomitmen bagi masa depan orang Sebyar,” tegas Mervin.

Senator dari Propinsi Papua Barat ini menyatakan akan menggunakan haknya untuk memanggil pihak terkait LNG Tangguh.
“LNG Tangguh perlu menjelaskan dan harus menyatakan komitmennya terhadap masyarakat Sebyar dan masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni pada umumnya,” kata Senator Mervin.

Pada bagian lain, Mervin menjelaskan bahwa untuk menjangkau wilayah Sebyar, dirinya bersama rombongan berangkat menggunakan speedboat. Setelah tiba di wilayah itu, Senator Mervin dan tim disambut secara adat Sebyar. Kepala Suku Sebyar memberi gelar adat kepada Senator Mervin.

Selain berkunjung ke wilayah Sebyar, Senator Mervin juga sempat berkunjung ke Distrik Tomu pada pagi hari dan sore harinya Senator Mervin bersama tim berkunjung ke Distrik Weriagar.

Sumber : News

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :