AMP KK Semarang-Salatiga Menggelar Jumpa Pers Mendukung Papua Barat Kembali Ke Keluarga Melanesia



Semarang- Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota Semarang, Salatiga menggelar aksi bentuk jumpa pers dengan beberapa media dikota Semarang untuk mendukung United Liberalition Movement for West Papua (ULMWP) Menjadi anggota penuh di Melanesian Spearhead Group (MSG), di Caffe E-Kopi,Gunung Pati, Semarang.


Menurut AMP, Sejak 1961 hingga saat ini,  lebih dari 50 tahun bangsa Papua Barat hidup di bawah kekuasaan kolonial Indonesia. Pembunuhan, pemerkosaan, teror, intimidasi, penangkapan sewenang-wenang terhadap aktivis pejuang Papua menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan rakyat Papua Barat, serta diikuti dengan kebijakan militer untuk membungkam ruang demokrasi dan penutupan akses wartawan asing untuk hadir di Papua Barat masih terus terjadi.

Di tengah situasi yang demikian Indonesia yang masih keras kepala mempertahankan Hegemoni politk demi kepentingan Imperialisme di Papua Barat.  Perjuangan pembebasan nasional bangsa Papua dalam hal penentuan nasib sendiri, sekaligus menjadi jalan keluar dari situasi pemusnahan rakyat Papua Barat baik di hutan, kota, maupun di Internasional tidak pernah berakhir.tulis AMP dalam pers, pers release, Selasa (23/06/2015) sore

Dijelaskan Setelah 50 tahun lebih perjuangan pembebasan nasional bangsa Papua Barat disambut baik oleh Negara- negara dalam Melanesian Spearhead Group (MSG). Pelaksanaan MSG Summit saat ini sedang berlangsung 18-26 Juni di Honiara, Kepulauan Salomon, salah satu pembahasanya adalah memutuskan proposal rakyat Papua Barat melalui United Liberation Movement for West Papua (ULMWP)  yang telah mengajukan Papua Barat menjadi aggota resmi MSG.

ULMWP adalah persatuan pergerakan pembebasan untuk rakyat Papua merupakan wadah koorditatif. ULMWP dibentuk untuk menjawab desakan MSG  yang telah menuntut seluruh organisasi gerakan Papua untuk bersatu guna mendaftarkan Papua Barat sebagai angota MSG.  ULMWP telah melakukan lobi diplomasih di beberapa negara-negara Melanesia seperti Vanuatu, Fiji, Papua New Guinea, Kepulauan Salomon dan Kanaky. Pembentukan ULMWP dan diplomasih yang dilakukannya merupakan suatu kemajuan, yang mana persoalan Papua menjadi topik pembahasan dalam MSG Summit kali ini.

Melanesian Spearhead Group (MSG) dibentuk berdasarkan “Agreed Principles of Cooperation Among Independent States of Melanesia” yang ditandatangani di Port Vila, Vanuatu pada 14 Maret 1988. MSG beranggotakan Fiji, Front de liberation nationale kanak et socialiste (FLNKS) Kaledonia Baru, Papua New Guinea, Solomon Islands, dan Vanuatu.

Sementara Juru Bicara AMP KK Semarang-Salatiga Januarius Adii. MSG yang merupakan forum bilateral negara-negara rumpun Melanesia, menganggap persoalan Papua merupakan persoalan sesama rumpun Melanesia yang berada dibawah kolonial Indonesia. Rakyat Papua Barat hari ini memberitahukan bahwa kebenaran harus ditegakkan bagi siapa pun. Kebenaran tidak memandang golongan, derajat, pangkat. Siapa pun dia yang merasa dirinya adalah manusia wajib menyatakan kebenaran dan turut mendukung dalam aksi-aksi kebenaran tersebut.

Lanjut Adii Kebenaran West Papua sebagai anggota resmi di MSG adalah satu daratan, satu marga satwa, satu ekosistem, satu rumpun, satu sejarah rumpun, satu samudera, satu budaya dan satu Melanesia. West Papua adalah satu bangsa bagian barat Melanesia. Ketidak tahuan rakyat Indonesia adalah bukti penguasanya membungkam demokrasi, bukti bahwa penipuan publik demi kekuasaan tertentu, demi memelihara Negara-negara Kapital terus berkuasa, demi mempertahankan konspirasi akan nafsu dunia, dan jika rakyat Internasional tidak memahami kebenaran ini maka, bukti bahwa Jurnalis Internasional masih dilarang ke Tanah Papua.
Pertemuan MSG Summit kali ini di Honiara, Kepulauan Salomon akan membahas dan memutuskan persoalan Papua Barat sebagai suatu topik selain isu-isu lain yang ada di wilayah Pasifik Selatan.

Dijelaskan Januarius Adii. Kami AMP KK Semarang-Salatiga hanya mengelar jumpa pers sebagai bentuk dukungan kepada United Liberalition Movement for West Papua (ULMWP) Menjadi anggota penuh di Melanesian Spearhead Group (MSG)

Sehubungan dengan pelaksanaan MSG Summit yang sedang berlangsung di Honiara, Kepulauan Salomon. Jubir AMP KK Semarang, Salatiga Januarius Adii. Dalam pembacaan pernyataan sikap, AMP menuntut tiga hal sekaligus mewakili Rakyat Papua,  Pertama, Mendukung Sikap Negara-Negara Rumpun Melanesia untuk Menjadikan Papua Barat Anggota Melanesian Spearhead Groups (MSG).  Kedua, Mendukung ULMWP sebagai wadah reprsentatif Rakyat Papua Barat yang telah mengajukan Papua Barat sebagai angota MSG.  Ketiga, Mendesak Indonesia untuk Membuka Ruang Demokrasi dan Memberikan Hak Menentukan Nasib Sendiri sebagai Solusi Demokratis Bagi Rakyat Papua Barat.


Kontributor Penulis Bernardo Boma
AMP KK Semarang-Salatiga Menggelar Jumpa Pers Mendukung Papua Barat Kembali Ke Keluarga Melanesia AMP KK Semarang-Salatiga Menggelar Jumpa Pers Mendukung Papua Barat Kembali Ke Keluarga Melanesia Reviewed by Fakfak on 09:06:00 Rating: 5
Powered by Blogger.