Emas, Harta Kawin Di Fakfak



Manusia didunia ini berkembang biak karena di lahirkan dari seorang Perempuan, karena itu harkat dan martabat seorang wanita itu harus di tinggikan. 

KaitanNya dengan Tulisan saya di atas maka di sampaikan kepada pembaca bahwa apa yang di pamerkan di foto ini menandakan bagaimana seorang wanita dari jasira Onim ini di tinggikan harga dirinya
lewat harta yang sering di sebut dengan Bahasa Fakfak " KUPANG " yang kerap kali di lakukan ketika seorang anak laki - laki dari satu keluarga mengawini wanita dari keluarga lain. 

Bahkan di dalam kehadirannya seorang wanita ditengah-tengah keluarga laki-laki di juluki " TOMPOR KAHWAN " yang berarti PUTRI BARU. 

Ada pun Istilah yang sering di sebut "Mas" yang keluarga laki-laki berikan tapi "intan" yang di kasih keluar oleh perempuan. 

Mungkin penbaca bertanya kenapa demikian...??? Karena kehadiran seorang wanita di tengah-tengah keluarga laki yang mengawininya akan melahirkan putra putri untuk keluarga laki-laki, yang berguna untuk:


1. Penerus Marga untuk laki-laki dan pemberi harta kepada keluarga bagi seorang wanita.


2. Melahirkan anak-laki yang bermartabat, karena kehadiran Ibu Nya di dalam kehidupan bapakNya dengan di bayar harta Mas, bukan gratis atau di bayar dengan harta besi atau kaleng, yang akan habis terkikis oleh karat, dan tidak berguna lagi,


3. Seorang anak harus patut dan hormat kepada ibuNya karena ibunya di minang dengan harta yang mahal, 


Yang tidak kalah pentingnya dari tulisan saya di sini ialah, bagaimana hakat dan martabat seorang Wanita yg sering di sebut " GENDER" di Negeri baham ini sudah ada sejak luluhur kita, 


Hakiki dari tulisan saya ini;  mau saya himbaukan kepada kita sekalian, khususnya anak-anak asli Fakfak kenapa sampai emas yang jadi dasar harta kawin di Fakfak?


Jadikanlah diriMu seperti Emas, yang sekalipun di ambil dari dalam lumpur tapi nilai jualnya tinggi, kita bukan anak-anak  kaleng yang cuma di pakai sebagai perkakas kecil di dapur, tapi kita di lahirkan oleh karena Mas yang disimpang dikarmar tidur bahkan dalam lemari yang mahal harganya.

Jadikan diriMu berguna di Negeri Mu sendiri alias jadi tuan di Negeri sendiri, bukan jadi pecundang, penakut untuk menyatakan yang benar, penakut untuk merubah yang salah. 


Pasti Tuhan ada dipihakmu karena yang kamu lakukan itu bukan sesuatu yang salah.
terima kasih .


Hormat saya
Eli F Tuturop.
Emas, Harta Kawin Di Fakfak Emas, Harta Kawin Di Fakfak Reviewed by Fakfak on 09:32:00 Rating: 5
Powered by Blogger.