Tips Menjaga Kesehatan Agar Ibadah Puasa Tetap Lancar

FPB :Bahagia hati ini bisa berjumpa lagi dengan bulan yang penuh dengan ampunan, berkah, serta rahmat Allah SWT. Di hari pertama Ramadan 1436 H ini, kita berharap agar puasa kali ini tidak ada satupun yang bolong hingga selesai, terutama untuk para pria yang tidak memiliki halangan datang bulan (haid).

Meskipun demikian, seringkali ibadah puasa diasosiakan dengan lemas dan letih karena harus menahan lapar dan dahaga. Akan tetapi, manfaat puasa ini sangatlah luar biasa. Selain menjadi kewajiban bagi umat Islam, menjalankan puasa juga bermanfaat untuk kesejatan badan dan mental.

Oleh karena itu, untuk menghindari lemah dan letih selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya Anda mengetahui tips agar badan tetap sehat sehingga puasa pun tetap lancar hingga Maghrib menjelang. Melansir dari theasianparent.com, berikut adalah tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan.
Berbuka puasa bersama

1. Saat sahur, sebaiknya jangan makan terlalu kenyang

Bukan berarti jika Anda makan sebanyak mungkin, itu membuat Anda akan tetap terjaga hingga adzan Mahgrib. Melainkan, makan terlalu banyak saat sahur justru membuat tubuh akan lebih cepat merasa lapar, lemas, dan mengantuk. Hal ini terjadi karena makan terlalu banyak bisa meningkatkan kadar gula dalam darah serta produksi insulin.

Oleh sebab itu, sebaiknya makan sahur secukupnya dan di saat akhir waktu agar dapat menunjang puasa Anda di siang hari. Selain itu, makan di akhir waktu sahur juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.


2. Berbuka puasa dengan makanan yang manis

Ini juga menjadi hal terpenting. Terkadang saat buka puasa, Anda makan dengan kalap dan memakan apa saja yang ada di depan Anda. Ini sungguh tidak diajarkan oleh Rasululloh. Ikuti sunah Rasul dengan makan makanan manis terlebih dahulu. Yakni, cukup dengan tiga buah kurma dan air putih lalu mendirikan salat Maghrib. Selanjutnya, bisa makan makanan berat secukupnya.


3. Jaga keseimbangan gizi selama puasa

Usahakan untuk selalu mengikuti panduan gizi seimbang. Dr. Lenggangpakuan Annisaqodri merekomendasikan agar mengonsumsi makanan yang mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, B, C serta mineral.


4. Jangan minum air dingin saat berbuka puasa

Saat berbuka puasa, sebaiknya jangan terlebih dahulu minum air dingin. Karena, air dingin atau es bisa menyebabkan kembung. Ada baiknya, minum air hangat terlebih dahulu, karena apabila masuk lambung, pembuluh darahnya tidak menciut dan kerja gerakan peristatik sistem pencernaan tetap baik.

Selain itu, sebaiknya juga jangan terlalu banyak mengonsumsi teh dan kopi apalagi saat sahur. Sebab, teh dan kopi ini bersifat diuretik. Yakni, dapat membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi. Sehingga, dikhawatirkan tubuh menjadi cepat lemas pada siang harinya.


5. Puasa juga tetap dianjurkan berolahraga

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti hanya bermalas-malasan di kamar tidur saja. Olahraga tetap perlu dilakukan meskipun Anda sedang berpuasa. Dr. Annisaqodri menyarankan agar berolahraga di sore hari sebelum berbuka puasa. Adapun olahraga yang direkomendasikan yakni seperti yoga, pilates, bulutangkis atau tennis meja, bersepeda selama 30 menit ataupun jalan-jalan di sekitar rumah sekitar 30 menit.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan. Sehingga, ibadah puasa pun tetap lancar. Jangan sia-siakan Ramadhan tahun ini, semoga kita bisa menjadi insan yang lebih baik lagi meskipun bulan Ramadhan sudah berakhir hingga datang kembali bulan Ramadhan, dan seterusnya.

Sumber : www.fandinistic.com

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :