ULMWP Sampaikan Petisi Rakyat Papua Kepada Pimpinan MSG

ULMWP Sampaikan Petisi Rakyat Papua mendukung ULMWP Kepada Pimpinan MSG

Para pemimpin ULMWP sebelum menyerahkan petisi dukungan dari rakyat Papua - Jubi
Honiara, Jubi – The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) hari ini atas undangan Ketua pertemuan Melanesia Spearhead Group (MSG), Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon. Milner Tozaka, menyerahkan petisi yang berisi 55.555 tanda tangan yang dikumpulkan dari Papua Barat pada para Menteri Luar Negeri anggota MSG di Honiara, Kepulauan Solomon.

Juru bicara ULMWP, Benny Wenda mengatakan petisi ini mewakili 55.000 orang di Papua Barat MSG (MSG) yang mendukung aplikasi ULMWP untuk menjadi anggota penuh di MSG.

“Saya ingin mengingatkan Anda bahwa 55.555 tanda tangan yang disampaikan ini selain merupakan kesatuan mendukung ULMWP, tapi mereka mewakili mimpi dan harapan serta tulang dan darah lebih dari 500.000 orang Papua Barat yang telah tewas dalam perjuanganuntuk menentukan nasib sendiri, “kata Wenda.
Wenda mengatakan pada KTT MSG di Noumea (Kanaky) pada 2013 aplikasi pertama Papua Barat untuk keanggotaan ditolak. Dan pertemuan khusus MSGs di Port Moresby tahun 2014 lalu meminta agar Papua Barat harus bersatu sebelum mereka mengajukan aplikasi lagi untuk keanggotaan MSG.

“Apa yang telah Anda minta dari kami pada 2013 dan 2014, telah kami. Kami sekarang bersatu dan petisi menegaskan kesatuan kita sebagai orang Papua Barat untuk keanggotaan penuh untuk MSG,” katanya.
Sekjen ULMWP, Oktovianus Mote menambahkan bahwa Pepera tahun 1969 hanya melibatkan 122 orang Papua Barat dari penduduk Papua yang berjumlah 800.000. Banyak dari mereka yang menandatandatangani Pepera berada di bawah tekanan.

“Sampai hari ini situasi tidak berubah. Petisi tersebut ditandatangani di bawah situasi berisiko.
Banyak dari mereka yang menandatangani petisi kembali ke rumah dengan kesadaran bahwa militer akan menekan mereka. Tapi mereka memutuskan agar suara mereka didengar. Lebih dari 500 orang Papua Barat telah ditangkap sejak Mei untuk mendukung ULMWP,” kata Mote.

Mote menegaskan, Papua Barat adalah bagian dari Melanesia dan regional Pacific. Dan Pasifik dan Melanesia tidak akan bebas sampai Papua Barat bebas.

“Aplikasi kami untuk keanggotaan penuh MSG penuh. Bersama-sama dengan 150.000 tanda tangan yang kini di tangan Anda kami berharap para pemimpin Melanesia kita untuk mengenali Papua Barat dan membawanya kembali ke keluarga Melanesia, “kata Wenda.

150.000 tanda tangan ini dikumpulkan lebih dari empat bulan setelah upacara unifikasi di Vanuatu tahun lalu. Petisi ini dilakukan oleh West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL), Parlemen Nasional Papua Barat dan Republik Federal Papua Barat. Para penandatangan petisi ini berasal dari Dewan Adat Papua, pemuda, gereja, perempuan dan partai politik. (Victor Mambor)

Tabloidjubi.com
ULMWP Sampaikan Petisi Rakyat Papua Kepada Pimpinan MSG ULMWP Sampaikan Petisi Rakyat Papua Kepada Pimpinan MSG Reviewed by Anak Papua on 14:01:00 Rating: 5
Powered by Blogger.