500 Pelari Akan Taklukkan Perbatasan Papua

Bukan lagi sekedar olahraga ringan, kegiatan lari sekarang ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup di tengah masyarakat. Tidak hanya di Jakarta maupun kota-kota besar lainnya, kegiatan ini juga merambah lintas batas antara dua negara.

Hal itu pula yang mendasari digelarnya Lomba Lari 10K Lintas Batas RI - Papua Nugini, yang mengambil start di wilayah Wutung (Provinsi Sandaun, Papua Nugini) dan Finish di wilayah Skouw (Provinsi Papua, Indonesia), pada 2 September 2015 mendatang.

Lomba lari yang merupakan agenda kegiatan tahunan ini telah digelar keempat kalinya sejak tahun 2012 lalu. Mengusung tema "Run For Friendship" kegiatan lomba lari hasil kerjasama Indonesia dan Papua Nugini ini, juga mendapat dukungan penuh dari PT Freeport Indonesia.

VP Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Riza Pratama mengatakan, kegiatan lomba lari ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pihaknya terhadap para atlet berbakat asal Papua.

"Kami berharap, melalui kegiatan ini akan terus bermunculan mutiara-mutiara Papua yang dapat membawa harum nama Papua, dan Indonesia, di setiap kegiatan olahraga tingkat nasional maupun internasional," kata Riza dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (29/8).

Kegiatan ini juga diharapkan dapat membawa nuansa baru yang positif dalam hubungan kerjasama perbatasan antara Indonesia dengan Papua Nugini, dalam upaya peningkatan kerjasama yang saling menguntungkan di bidang sosial, budaya dan olahraga, antara kedua negara.

"Khususnya bagi masyarakat yang bermukim di kedua wilayah perbatasan, serta sebagai pemicu dan penggerak bebagai kerjasama lainnya di masa mendatang," ujar Riza.

Dalam kesempatan terpisah, PT. Freeport Indonesia melalui perwakilannya di Jayapura, Papua, Joel Husig bersama Konsulat RI di Vanimo, Papua Nugini, Elmar Lubis, dalam jumpa pers tertanggal 26 Agustus lalu memaparkan, peserta yang akan mengikuti lomba lari lintas batas ini berasal dari kalangan pelajar dan masyarakat umum, yang terbagi dalam kategori putera dan puteri. Rencananya, sekitar 500 peserta akan mengikuti kegiatan lomba lari ini untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp 80 juta. [ysa]

Sumber : www.rmol.co

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :