Bendera Merah Putih Berkibar di Bekas Wilayah GAM


Bendera merah putih raksasa berkibar di Gunung Khan Halimun, Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie, Senin (17/8). Di gunung ini, dahulu merupakan pusat deklarasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM), pada tahun 1976.

Bendera raksasa berukuran 20 x 25 meter ini sudah dipersiapkan sejak dua minggu lalu. Untuk mencapai ke lokasi pengibaran bendera raksasa ini harus menempuh perjalanan kaki dari perkampungan Tiro selama 3 jam.
Bendera merah putih raksasa itu menghabiskan anggaran sebesar Rp 25 juta. Baik itu untuk material kain maupun ongkos menjahitnya.
Sejak sepekan lalu personel TNI Korem Lilawangsa sudah mulai membersihkan lokasi pengibaran bendera raksasa. Termasuk membawa tiang bendera yang terbuat dari pohon pinang ke lokasi upacara pengibaran bendera raksasa.
Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda Kolonel Inf Machfud mengatakan, penaikan bendera raksasa ini atas permintaan masyarakat di gunung Khan Halimun yang difasilitasi oleh Korem Lilawangsa, Pidie.
“Itu dari masyarakat semua, hanya serimonial saja, ini juga aspirasi masyarakat setempat dan ide pertama dari masyarakat,” kata Kolonel Inf Machfud, Senin (17/8).
Gunung Khas Halimun merupakan pusat atau titik pertama deklarasi pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada tahun 1976 oleh Tgk Hasan Muhammad Ditiro. Tempat ini juga menjadi tempat pertama rapat kabinet pada masa itu.
Gunung ini terletak di Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie dan bersebelahan dengan Kecamatan Tangse. Gunung ini juga bersebelahan dengan Desa Beungga, Kecamatan Tangse yang merupakan basis GAM pada masa Aceh masih konflik.
[cob]
Sumber: merdeka.com

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :