Dirjen Otda Siap Fasilitasi MRP Papua Barat Terlibat Penyelenggaraan Pilkada

Pertemuan MPB dan Dirjen Otda Kemendagri Sonny Sumarsono di Kemendagri, Senin (10/8/2015). Foto: Renatha Swasty/MTVN

Jakarta: Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Sonny Sumarsono menuturkan pihaknya bakal mengupayakan pelibatan Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRP PB) dalam pilkada di provinsi tersebut. Upaya itu antara lain, proses verifikasi bakal calon, selain oleh KPU, juga bisa dilakukan MRP PB.

"Kita harus konsultasi, mungkin ada bagian-bagian tertentu yang bisa dikompromikan nanti, misalkan, koordinasi verifikasi," kata Sonny usai melakukan pertemuan dengan perwakilan masyarakat Provinsi Barat di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (10/8/2015).

KPU, lanjut Sonny, menetapkan waktu verifikasi hingga Agustus. Untuk itu, kata dia, pihaknya bakal mengupayakan agar dalam proses verifikasi itu MRP PB dapat diikutsertakan.

"Masih bisa diundang MRP. Ruang-ruang itu masih bisa. Konsultasi dengan MRP," lanjut Sonny.

Kendati demikian, kata dia, ke depan sistem harus diubah. Pemerintah, lanjut dia, harus bisa memfasilitasi keinginan MRP PB untuk dijadikan dalam bagian proses Pilkada.

"Ya kita lihat. Harus ada perbaikan sistem, karena kehendak mereka verifikasi nya dihormati. Ini tentang Otsus. Saya kira itu tuntutan wajar dan masih bisa diakomodasikan," pungkas dia.

Sebelumnya, pemerintah daerah, MRP dan masyarakat Papua Barat mendatangi Dirjen Otda. Mereka mendesak supaya Perdasus terkait tata cara Pilkada disahkan.

Mereka mendesak pemilihan bakal calon kepala daerah di daerah itu juga lewat verifikasi oleh MRP PB. Hal ini dilakukan agar yang terpilih adalah putra daerah.
KRI

Sumber : http://news.metrotvnews.com

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :