Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015

Tim Jurnalis Matangkan Rencana Jalur Pendakian ke Carstensz


Tim Jurnalis Matangkan Rencana Jalur Pendakian ke CarstenszTimika - Memasuki hari kelima, tim Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015 sempat terkendala beberapa perizinan pendakian. Kini, tim mematangkan rencana jalur pendakian melalui Sugapa dengan jarak tempuh 61 km. Semangat!

Beberapa jurnalis yang siap melakukan pendakian ke Puncak Carstensz yakni detikTravel, Metro TV, Media Indonesia, Sinar Harapan, Papua Travel dan Bisnis Indonesia. Tim pun dipecah dua, ada yang melalui Bali Dam dan melalui Sugapa. Trek yang susah tentu dari Sugapa, namun menawarkan banyak petualangan luar biasa.

"Jalur yang kita lewati bagus itu dan seru. Apalagi, steril sama sekali tidak ada orang nanti di beberapa titik, benar-benar cuma kita deh orang di sana," ujar ketua tim pemandu Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015, Hendricus Mutter kepada media di Hotel Kamoro, Timika, Kamis (13/8/2015).

Hendricus akan menemani tim jurnalis yang melalui jalur Sugapa. detikTravel pun masuk dalam tim jurnalis yang melalui jalur Sugapa.

"Jadi dari Sugapa ke Ugimba dulu sekitar 12 jam. Lanjut ke jalur Rusia, lalu ke Basecamp Lembah Danau-danau baru Carstensz sekitar 4-5 Hari. Nanti lewat Danau Larson sama New Zealand Pass. Semuanya jalan kaki," ungkapnya.

Hendricus menambahkan, sepanjang jalan, tim jurnalis akan melewati rawa, hutan, savana hingga bebatuan karst. Namun, bebatuan karstnya bukan batu karst biasa.

"Itu batu karstnya besar-besar dan tajam-tajam. Savana yang kita lewati nanti juga indah, keren banget. Lihat sajalah sendiri," katanya.

Bahkan, di perjalanan nanti tim jurnalis juga bakal melihat sungai terbalik. Sungai yang alirannya justru ke atas gunung, bukan ke bawah.

Rencananya, tim jurnalis yang melalui Sugapa akan memulai perjalanan di hari Sabtu (15/8) mendatang. Sedangkan tim yang lewat Freeport dan menuju Bali Dam diperkirakan berangkat besok, Jumat (14/8).

Dari Bali Dam, tim jurnalis bisa menghabiskan waktu hingga 20 jam lebih untuk ke Puncak Carstensz. Selain Puncak Carstensz, Puncak Sumantri dan Puncak Jaya juga memiliki bongkahan es raksasa. Dengan sepatu khusus, tim jurnalis pun akan berjalan di atas es.

Ternyata, belum banyak pendaki yang melalui jalur dari Sugapa ke Puncak Carstensz. Kebanyakan pendaki melalui dari Ilaga.

Namun Hendricus menegaskan kalau jalur yang akan dilewati tim jurnalis, sudah pernah dilewati oleh turis dari Rusia dan Tiongkok. Apalagi, belum pernah ada jurnalis yang melewati jalur tersebut dan banyak yang belum pernah ditulis orang-orang.

Ini tentu akan menjadi pendakian bersejarah. Doakan kami dan tunggu cerita perjalanannya!

Sumber: http://travel.detik.com/ 

Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015 Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015 Reviewed by Fakfak on 03:16:00 Rating: 5
Powered by Blogger.