KASAL Resmikan Lantamal XIV Sorong

Foto- Salam Komando antara Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi, Pangarmatim Laksda TNI Darwanto S.H, M.A.P, Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Samsudin Safari Panjaitan, dan Danlanal Sorong Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono. (dispenal) - Foto: poskotanews.com

SORONG - Sejarah baru ter­toreh hari ini, Jumat (21/8) Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.A.P, akan memimpin langsung upa­cara peresmian peningkatan Lanal (Pangkalan TNI Angkatan Laut) Kelas B Sorong yang saat ini dipimpin Kolonel Laut (P) Kuntho Tjahjono menjadi Lantamal (Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut) XIV Sorong yang nantinya akan dipimpin perwira tinggi berpangkat bintang satu yaitu Kolonel Laut (P) Samsudin Safari Panjaitan.
Acara peresmian pagi ini akan digelar di lapangan Mako Lanal Sorong Jl. Bubara No. 1. Ketua Panitia Peresmian Mako Lantamal XIV yaitu Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Leonard Wiliam Supit dan selaku komandan upacara dipercayakan kepada putra asli Papua, Letkol Marinir Daniel Kreuta yang kesehariannya menjabat  Asintel Lantamal X.
Peningkatan Lantamal XIV didasari Perpang TNI No.12 tahun 2015 tertanggal 9 Juni 2015 tentang pengesahan Validasi Organisasi dan Tugas Lantamal XIV Sorong. Tugas pokok Lantamal XIV sebagai representasi TNI AL di daerah. Oleh karena itu memiliki peranan strategis dan merupakan kepanjangan tangan dari Mabes TNI AL serta Komando Armada Kawasan Timur dalam mendukung unsur-unsur operasional menanggulangi tindak pelanggaran kedaulatan dan pelanggaran hukum di wilayah perairan NKRI.
Diketahui saat ini tindak pelanggaran di laut masih cukup tinggi seperti permasalahan perbatasan laut dengan negara tetangga, kejahatan lintas negara (perampokan, human traffic­king, illegal loging, ilegal fishing dan kegiatan ilegal lainnya). Peresmian Lantamal melibatkan unsur pendukung dalam hal personil TNI/Polri serta sekolah kemaritiman yang berada di Kota Sorong. Yang tak kalah penting, dalam sejumlah prosesi acara juga dilakukan prosesi adat Malamoi  yang disaksikan langsung Ketua Lembaga Masyarakat Adat Mala­moi, Silas Ongge Kalami, MA.
Turut hadir dalam kegiatan peresmian Lantamal XIV, Aspam  Kasal, Aslog Kasal, Pangarmatim, Komandan Guspurlatim, Komandan Guskamlatim, para Komandan Lantamal  Wilayah Timur, pejabat Muspida dari Provinsi Papua dan Papua Barat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat di wilayah Sorong Raya. Rangkaian Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kasal, Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.A.P, antara lain peresmian Mako Lantamal XIV, ramah tamah, jamuan makan malam dengan Muspida Provinsi Papua Barat. Dalam peresmian Mako Lantamal juga akan dimeriahkan dengan kolone senjata dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura dan ta­rian kolosal dari sanggar Nani Bili Kota Sorong yang akan memukau tamu undangan.
Riwayat Singkat  Lanal Sorong
Letak posisi Sorong yang sangat strategis merupakan pintu gerbang perdagangan di Papua pada saat awal kemerdekaan. Pada waktu itu menjadi bagian dari wilayah Kodaeral X Ambon. Saat pembebasan Irian Barat (Operasi  Mandala), Lanal Sorong yang kini menjadi Lantamal XIV bernama Kontermar Sorong (Komando Teritorial Maritim) dan ikut andil dalam operasi pembebasan Irian Barat.
Pada tahun 1967 diubah menjadi Sional (Stasiun Angkatan Laut) dan menjadi  Lanal Sorong (Pangkalan Angkatan Laut) tahun 1993. Sejumlah Komandan Lanal Sorong yang pernah menjabat yaitu Letkol Laut (P) Korimtz Lukas, Letkol Laut (P) A.T Prianto, Letkol Laut (P) Dick Henk Wabiser, Letkol Laut (P) Rudy Bangkinas, Letkol Laut (P) Dedy Yulianto, Letkol Laut (P) Danisworo Pandoe, Mayor Laut (P) Kris Sri Hod, Letkol Laut (P) Sutaryono, Letkol Laut (P) Heru Kusmanto, Kolonel Laut (P) Muchammad Richad, Kolonel Laut (P) Yudo Margono, Kolonel Laut (P) Antongan Simatupang, Kolonel Laut (P) Joko Wiyono dan saat ini dijabat oleh  Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono.
 Seiring perkembangan lingkungan strategis dan mendukung program Nawacita yang dicanangkan  Presiden  Jokowi dan semangat proso Maritim dunia, maka berdasarkan Perpang TNI No 12 Tahun 2015 tanggal 9 Juni 2015 tentang pengesahan Validasi  Organisasi dan Tugas Lantamal XIV Sorong, maka dilakukan validasi dari Pangkalan Angkatan Laut Sorong tipe B menjadi Pangkalan Utama Angkatan Laut XIV Sorong yang pada hari ini (21/8) diresmikan langsung oleh KASAL, Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.AP. (rat)
Sumber : radarsorong
KASAL Resmikan Lantamal XIV Sorong KASAL Resmikan Lantamal XIV Sorong Reviewed by Unknown on 21:56:00 Rating: 5
Powered by Blogger.