Pemkab Pakpak Bharat Terima Kunjungan Pemkab Fakfak, Provinsi Papua Barat

Pemkab Pakpak Bharat Terima Kunjungan Pemkab Fakfak, Provinsi Papua BaratUntuk kesekian kalinya Pemkab Pakpak Bharat menerima kunjungan kerja dalam rangka studi banding daerah lainnya yang kali ini menerima kunjungan dari wilayah timur Indonesia yaitu Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Sebelumnya Pemkab Pakpak Bharat juga pernah menerima kunjungan Kabupaten Pegunungan Bintang dari Provinsi Papua, yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini.
“Kiranya semua berjalan dengan baik sesuai rencana yang diagendakan oleh tim kunjungan kerja Kabupaten Fakfak, namun bila masih belum maksimal dikarenakan waktu yang sangat singkat, kami Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dengan tangan terbuka menerima kembali dan siap melayani kapan saja”, ungkap Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA dengan tulus dihadapan rombongan Pemkab Fakfak yang dipimpin langsung Sekda, Drs. Husein Thofer, dengan didampingi jajarannya Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Charles Kambu S.Sos, MSi, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda, Drs. Nasrun P. Elake, Kepala Bappeda, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, Kadis PU, Samaun Dahlan S.Sos, MAP, Kadis Kehutanan dan Perkebunan, Ir. Abdul Rahim Fatamasya, MSi, Kabag. Umum Setda, Achmad Uswanas, S.STP, MSi, Kabag Organisasi Setda, Abdul Razak Ibrahim Rengen, SH, MSi, dan Kabid Perlindungan tanaman dan Penyuluhan Perkebunan, Tasfiyanti Irianjati S.Hut, di Pendopo Bupati, Selasa siang (04/08) saat akan melepas rombongan tersebut kembali ke Fakfak.
Bupati juga menyampaikan bahwa tujuan kunjungan kerja ini untuk saling mempelajari keunggulan sehingga dapat bertukar informasi dan pengetahuan yang berguna bagi percepatan pembangunan di masing-masing daerah. “Saya atas nama pemerintah kabupaten Pakpak Bharat memohon maaf apabila pelayanan kami masih kurang”, ujar Bupati yang didampingi Wakil Bupati, Ir. H. Maju Ilyas Padang, Dandim 0206, Letkol Arm. Jonny Marpaung, Sekda, Drs. Holler Sinamo, MM dan para pimpinan SKPD.
Sesuai dengan yang direncanakan, tim dari Kabupaten Fakfak melihat bagaimana penerapan ISO 9001:2008 di SKPD, yang dalam kesempatan ini mereka mengunjungi BKD & Diklat, Dinas Pendidikan, serta Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kabupaten Pakpak Bharat. Seperti diketahui bahwa Pemkab Pakpak Bharat merupakan pilot projectReformasi Birokrasi dari Kementerian PAN dan RB. Secara gamblang masing-masing pimpinan SKPD memaparkan bagaimana proses dan penerapan ISO 9001:2008 di satuan kerjanya. Selain itu tim dari Kabupaten Fakfak juga mengunjungi Kebun Inti Gambir sekaligus menyaksikan pengolahannya yang terletak di Desa Penanggalan Binanga Boang, Kecamatan Salak.
Sehari sebelumnya (03/08), kedatangan rombongan ini disambut oleh Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD, Edison Manik, SE, Sekda, jajaran SKPD, Wakapolres dan para tokoh adat di rumah dinas Sekda, jl. Sulang Silima, Salak. Acara penyambutan kemudian dilanjutkan di Gedung Serbaguna yang diawali Tarian Persembahan oleh siswa/i SMA Negeri 1 Salak.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengucapkan selamat datang atas kunjungan ke Kabupaten ini dan mengutarakan tentang capaian-capaian yang diperoleh oleh Kabupaten Pakpak Bharat selama ini. “Untuk itu marilah kita semua pihak tetap bekerja keras dan ikhlas demi kesuksesan dalam pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan”, sebutnya.
Senada dengan wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD juga menyampaikan bahwa Kabupaten Pakpak Bharat di usia yang tergolong muda, tetapi mampu memberi arti di kancah nasional. “Hal tersebut juga terjadi berkat pertukaran informasi yang sering terjadi seperti proses kunjungan kerja ini. Apalagi kita memiliki kesamaan khususnya memiliki kawasan hutan sehingga bisa saling belajar bagaimana hal tersebut menjadi potensi untuk pembangunan”, tambahnya.
Sekda Fakfak merasa sangat berterima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Pemkab Pakpak Bharat. “Mulai dari kedatangan kami di bandara Kuala Namu hingga tiba di Kabupaten ini, Pemkab Pakpak Bharat menunjukkan penghormatan akan para tamu dengan baik sekali. Semoga atas perlakuan ini kami bisa membalasnya di kemudian hari”, ungkapnya. Beliau juga memaparkan bahwa ada kemiripan yang khas antara Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Fakfak, yaitu landasan pembangunan didasarkan pada nilai agama dan budaya.
Acara kemudian berlanjut dengan pertukaran cenderamata antara 2 kabupaten serta Ekspose Bupati Pakpak Bharat yang disampaikan oleh Sekda Kab. Pakpak Bharat dengan materi “Pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat”. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat/Kompasiana)
Pemkab Pakpak Bharat Terima Kunjungan Pemkab Fakfak, Provinsi Papua Barat Pemkab Pakpak Bharat Terima Kunjungan Pemkab Fakfak, Provinsi Papua Barat Reviewed by Fakfak on 23:49:00 Rating: 5
Powered by Blogger.