Boaz Solossa vs Zulham Zamrun: Kawan Kini Jadi Lawan

Posted By Admin on Sunday, 20 September 2015 | 14:35:00

Boaz Solossa vs Zulham Zamrun: Kawan Kini Jadi Lawan

Bola.com, Samarinda - Pertandingan leg pertama perempat final Piala Presiden 2015, yang mempertemukan tuan rumah Pusamania Borneo FC kontra Persib Bandung, di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (20/9/2015), terhitung laga yang paling ditunggu oleh pecinta sepak bola Tanah Air. Komposisi pemain kedua tim yang tertabur bintang jadi alasannya. Bicara soal individu pemain ada dua sosok pemain di Pesut Etam dan Maung Bandung yang akan jadi sorotan: Boaz Solossa dan Zulham Zamrun.
Aksi kedua penyerang sayap amat besar mengatrol pemainan timnya masing-masing. Uniknya di ISL 2015, Boaz dan Zulham kawan satu tim di Persipura. Kolaborasi keduanya di kedua sisi sayap Tim Mutiara Hitam di ajang Piala AFC 2015 amat membahayakan tim-tim lawan yang dihadapi. Kini, kawan jadi lawan.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peran vital kedua pemain itu, berikut analisisnya seperti dirangkum Bola.com:
Boaz Solossa (Pusamania Borneo FC)
Nama pemain yang memiliki nama panjang Boaz Theofilius Erwin Solossa tersebut sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta sepak bola Tanah Air. Pemain berumur 29 itu sedikit dari striker lokal yang bisa mencuat di jajaran elite.
Kapasitasnya sebagai predator top sudah tidak perlu diragukan lagi. Boaz yang asli kelahiran Sorong, papua, terhitung pemain pelanggan juara. Persipura Jayapura menjadi juara Liga Indonesia sebanyak empat kali (2005, 2009, 2011, dan 2013) tak lepas dari peran besar sang penyerang. Hebatnya lagi, gelar yang diraih Persipura Jayapura, ia sandingkan dengan gelar top scorer ISL tiga tahun berturut-turut pada tahun 2009, 2011, dan 2013.
Kini, kapten Persipura Jayapura tersebut jadi salah satu pemain kunci Pusamania Borneo FC di Piala Presiden 2015. Di babak penyisihan Grup D, perannya sangat vital bagi Pesut Etam. Boaz mampu membuktikannya di pertandingan perdananya bersama Borneo FC saat melawan Gresik United. Kapten Timnas Indonesia tersebut mampu mempora-porandakan pertahanan Kebo Giras, dan berhasil menyumbangkan dua assist untuk terciptanya dua dari tiga gol kemenangan Pesut Etam atas Gresik United dengan skor 3-1.
Meski belum mencetak gol, Borneo FC sangat berharap peran Boaz menjadi pembeda permainan Pesut Etam saat meghadapi Persib. Selain itu, pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan akan mengandalkan Boaz untuk membobol gawang Maung Bandung demi meraih kemenangan.
Boaz di beberapa musim terakhir jadi pemain yang getol menjebol gawang Persib. Di final ISL 2014, ia menyumbang satu gol buat Persipura dalam pertandingan yang berkesudahan 2-2. Maung Bandung kala itu menang 5-3 dalam drama adu penalti.
Sebelumnya di laga pembuka ISL 2013 Boaz menjebol gawang Persib di Stadion Siliwangi, Bandung. Pertandingan sendiri berkesudahan 1-1.Sebiji gol dicetak penyerang yang akrab dipanggil Bochi saat Persipura menang telak 4-0 atas Persib di ISL 2013.
Melihat fakta-fakta tersebut tim asuhan Djadjang Nurdjaman jelas harus ekstawaspadai mengawasi pergerakan lincah Boaz di sisi sayap kiri.
Zulham Malik Zamrun (Persib Bandung)
Nama Zulham Zamrun menjadi buah bibir para pecinta sepak bola Tanah Air, belakangan ini. Pasalnya, penyerang sayap kanan Persib Bandung tersebut bintang baru Maung Bandung yang berkilau di Piala Presiden 2015.
Mantan pemain Mitra Kukar tersebut berhasil mencetak gol di setiap pertandingan yang dilakoni Pangeran Biru di babak penyisihan turnamen gagasan Mahaka Sport and Entertaiment tersebut. Zulham untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak turnamen dengan koleksi lima gol.
Di laga perdana, Zulham berhasil mencetak satu dari tiga gol kemenangan Tim Pangeran Biru atas Persiba Balikpapan. Pada pertadingan kedua, pemain kelahiran Ternate itu mampu menciptakan satu dari dua gol kemenangan Persib atas Persebaya United. Hebatnya lagi, Zulham berhasil mencetak hattrick saat Maung Bandung menghadapi Martapura FC.
Arsitek Persib, Djajang Nurdjaman sangat berharap Zulham dapat kembali menunjukan ketajamannya di babak perempat final. saat menghadapi Pusamania Borneo FC.
Bicara soal kemampuan individu pemain asal Ternate tersebut memiliki kelebihan dari sisi kecepatan. Ia juga dikenal bernyali berani melakukan tusukan ke kotak penalti lawan sekaligus berduel dengan bek-bek lawan dengan bekal skill individu yang terhitung oke.
Wajib untuk disaksikan duet sayap garang Timnas Indonesia di Piala AFF 2014 lalu, antara Boaz Solossa kontra Zulham Malik Zamrun, pada pertandingan Pusamania Borneo FC kontra Persib Bandung. Siapakan yang jadi penyerang sayap paling garang di duel ini?

Sumber :  Bola.com
Blog, Updated at: 14:35:00