Kepolisian Jamin Tak Ada Potensi Kerusuhan Seperti '98

Kepolisian Jamin Tak Ada Potensi Kerusuhan Seperti '98
Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian


Ekonomi Indonesia berada dalam ancaman krisis ketika pelemahan rupiah yang terus terjadi. Beberapa pihak khawatir kondisi paling buruk seperti pernah terjadi pada krisis ekonomi 1998.
Namun, pihak kepolisian menjamin, kerusuhan sosial yang pernah menjadi tidak akan terulang saat ini.

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, meski saat ini pertumbuhan ekonomi masih melamban, tidak ada ancaman kerusuhan besar seperti saat krisis 1998 lalu.

"Sinergi aparat dulu ga sebagus seperti sekarang ini. Pertumbuhan ekonomi kita pun sekarang tidak mengalami penurunan atau minus, kalau dulu ekonomi kita minus sampai pada 13 persen. Keadaan sekarang ada dampaknya, tapi tidak masif," ujar Tito Karnavian, di Mapolda, Jakarta Selatan, Kamis (17/9).

Mantan Kapolda Papua ini juga menuturkan, pertumbuhan ekonomi kita saat ini sangat mirip dengan kondisi ekonomi pada tahun 2008 lalu, bukan tahun 1998. Kepolisian menjamin keamanan di dalam negeri.

"Polda bisa menjamin berdasarkan analisis, enggak akan ada kerusuhan dan lain-lain. Kita siapin semua, tapi kita dukung pemerintah (menumbuhkan perekonomian)," paparnya.

Tito juga melanjutkan, perlambatan ekonomi biasa terjadi dan sangat dipengaruhi faktor eksternal. Kalau ekonomi belum membaik, maka akan berdampak pada ekonomi kelas bawah. Semua pihak diharapkan melakukan pendekatan dalam memperkuat keamanan sosial. Kelas bawah diberi ketahanan sosial, atau ketahanan pangan misalnya. Langkah-langkah tersebut sangat baik untuk meredam gejolak sosial. (gms)

Sumber: http://news.merahputih.com

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :