Pantas Saja Anak Papua Pintar Bermain Bola

Pantas Saja Anak Papua Pintar Bermain Bola
Wamena - Tanah Papua sering melahirkan pesepakbola handal. Bermain si kulit bundar memang membuat anak-anak Papua betah. Rumput hijau dikelilingi pegunungan tinggi, main bola pun jadi semangat!
Kampung Soroba di Wamena punya lapangan bola yang indah. Indah ini bukan dalam arti stadion megah, ini hanya lapangan bola kampung. Namun, lapangan bola Kampung Soroba dikelilingi oleh rumput hijau dan pegunungan tinggi Jayawijaya.
Ini sungguh pemandangan lapangan bola yang tidak ada di Pulau Jawa. Traveler pecinta bola akan dimanjakan dengan keindahannya.
Dalam perjalanan menuju Kampung Soroba di Wamena bersama rombongan Mahakarya Indonesia, detikTravel dibuat terpana akan lapangan alam yang digunakan anak-anak setempat untuk berolahraga. Padang rumput di kiri kanan lapangan, serta pegunungan di kejauhan menjadi latar utama.
Saat itu hari mulai menjelang sore. Tampak anak-anak sekitar, baik laki-laki maupun perempuan yang sedang asyik berlarian di lapangan tanah yang hanya dibatasi tiang gawang serta garis kotak yang dibuat sederhana.
Di satu sisi mereka bermain sepakbola, sedangkan dibagian lainnya terlihat ada juga yang sedang bermain bola voli. Tidak perlu banyak aturan atau fasilitas yang mumpuni, raut kebahagiaan terlihat jelas di wajah mereka. Penasaran, saya pun bertegur sapa dengan sang kiper yang bernama Anita.
"Ini main bola setiap sore, siapa saja boleh main sudah," ujar Anita yang sedang menjaga gawang.
Walau Anita merupakan perempuan, tapi ia terlihat lincah menjaga gawang dari setiap serangan yang dilancarkan oleh tim musuh. Tidak jarang ia mengejar bola yang ditendang kencang hingga keluar lapangan.
Serunya lagi, tidak ada batasan gender maupun umur pemain di lapangan. Anak-anak, remaja, laki-laki, atau perempuan, semua dipersilakan masuk ke lapangan untuk bermain bola. Suasananya juga sangat meriah.
"Di sini semua boleh main, laki-laki atau perempuan campur saja," tambah Anita.
Dalam hati saya merenung, sungguh bahagianya anak-anak di Wamena. Berbeda dengan anak-anak di kota yang hanya memiliki sedikit ruang untuk bermain di luar rumah, anak-anak di Wamena memiliki alam luas nan indah yang menjadi tempat bermainnya.
Walau lapangannya tidak semegah Stadion Gelora Bung Karno atau sejenisnya, namun kebahagiaan yang terpancar dari wajah anak-anak tersebut memang jelas terlihat. Melihat mereka bermain di lapangan, tentunya menggoda Anda untuk ikut bermain. Percayalah!

sumber : detik.com

Pantas Saja Anak Papua Pintar Bermain Bola Pantas Saja Anak Papua Pintar Bermain Bola Reviewed by Aldo Dogopia on 13:29:00 Rating: 5
Powered by Blogger.