Tarung Derajat Siap Bersaing di Pra PON

Posted By Admin on Wednesday, 23 September 2015 | 13:20:00

BANDUNG-Tarung Derajat Papua menyatakan siap bersaing dengan atlet Tarung Derajat dari daerah lainnya di Pra Kualifikasi PON 2016 yang berlangsung di Kota Bandung pada Oktober nanti.
“Prinsipnya kita siap bersaing dengan atlet dari daerah lain di Pra PON nanti,”ungkap salah satu atlet Tarung Derajat Papua, Kevin Fringkreuw ketika ditemui di sela-sela latihan di lokasi Perguruan Tarung Derajat Bandung, Selasa (22/9).
Menurutnya, ada beberapa daerah yang patut diwaspadai dan menjadi pesaing Papua di Pra PON nanti, seperti Aceh, Jawa Tengah, Jambi, Padang, NTB. Pasalnya mereka memiliki sejumlah atlet Tarung Derjat yang berpengalaman dan memiliki jam terbang tanding yang tinggi.
Selain itu, ada atlet dari Jawa Barat, mereka mempunyai atlet yang handal dan cukup bagus di olahraga Tarung Derajat tersebut. Karena olahraga ini berasal dari daerah Bandung. Sehingga mereka pasti memiliki atlet  yang baik dan berprestasi. Apalagi rata-rata atlet Platnas Tarung Derajat diambil dari  Jawa Barat ini.
 Namun ada factor keberuntungan bagi Papua, karena Jawa Barat sendiri tidak ikut di Pra PON. Mereka sudah dinyatakan lolos secara aturan, karena tuan rumah, sehingga mereka tidak lagi ikut di Pra Kualifikasi PON nanti.
“Kita akan berjuang semaksimal mungkin untuk bisa meraih prestasi di olahraga Tarung Derajat ini, terutama di Pra PON nanti. Sehingga dengan waktu persiapan yang hanya tinggal satu bulan kedepan, kita akan manfaatkan sebaik mungkin untuk terus memantapkan fisik, taktik ndan teknik,”ujarnya.
Sementara itu di tempat terpisah Pelatih Tarung Derajat Papua, Rimba Dirgantara menyampaikan, persiapan atlet Tarung Derajat Papua sudah masuk pada pemantapan teknik dan taktik baik pukulan dan tendangan.
     “Atlet tarung Derajat Papua ini rata-rata dari sebagai atlet petinju, sehingga kalau teknik pukulan mereka semua sudah bagus, hanya yang perlu dipoles terus yaitu pada kakinya. Karena olahraga ini bukan hanya tangan yang bermain tetapi kaki juga ikut bermain. Sehingga semua gerakkan harus berjalan sama,”terangnya.
Untuk target di Pra PON memang Papua mempunyai target khusus. Sehingga atlet yang diturunkan ini semaksimal mungkin bisa meraih medali disana. Selain itu Pra PON ini juga untuk menyiapkan atlet yang nanti akan di persiapkan untuk ke PON XX tahun 2020 di Papua nanti.
“Intinya Papua akan siap bersaing ketat dengan daerah lainya di Pra PON nanti. Soal peluang medali emas di Pra PON nanti, pasti itu ada. Hanya sekarang atlet fokus dulu pada latihan. Karena kerja keras mereka pasti akan membuahkan hasil. Apalagi latihan khusus atlet Papua ini dalam sehari dua kali, dan waktu libur hanya diberikan pada hari Minggu saja. Selanjutnya latihan terus dengan didampingi lansung oleh pelatih yang handal dan juga sang guru besar Tarung Derajat,”tandasnya.(ans).

sumber : Cendrawasih Pos

 
Blog, Updated at: 13:20:00