KNPB Hadir Untuk Bangun Kesadaran Pemuda Papua

MANOKWARI-Marlon Fatem SH, Aktivis dibidang Kemanusiaan di Manokwari mengatakan, organisasi pemuda KNPB adalah bagian dari kelompok pergerakan masyarakat sipil yang dimotori oleh orang-orang muda Papua yang bergerak di perkotaan dan tidak di hutan.

Sementara yang bergerak di hutan dan memiliki markas merupakan sayap militer OPM. “KNPB hadir di tengah-te­ngah masyarakat Papua,”ungkap Marlon Fatem SH dalam siaran persnya kepada koran ini tadi malam.

Marlon Fatem Aktivis HAM dan Kemanusiaan di Papua itu menjelaskan sejak awal KNPB didirikan yang basis operasinya hanya difokuskan di wilayah perkotaan dan di lingkungan kampus untuk merangkul dan sekaligus membangun kesadaran pemuda/i pelajar mahasiswa asli Papua.

“KNPB hadir dalam kehidupan anak-anak Papua di wilayah kampus pendidikan untuk menyadarkan semua komponen organisasi senat tingkat mahasiswa bahwa kita orang Papua  harus bangkit dan berjuang di tanah kita ini tanah Papua. KNPB berjuang demi tercapai penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia atau HAM dan keadilan bagi orang asli Papua sebagai warga sipil dan warga pribumi Papua,”jelas Marlon Fatem.

Marlon Fatem membeberkan, sejak awal KNPB digagas karena selama ini rakyat Papua berpikir bahwa organisasi KNPI buatan Indonesia dan bagian dari pelaksana kepentingan Pemerintah Pusat yang selama ini tidak sama sekali melakukan sesuatu untuk perubahan nasib Pemuda Papua. “Ketika ada pemuda Pa­pua yang dibunuh, ditembak, atau ditangkap, KNPI Pa­­pua hanya diam saja.

Sehingga KNPB dibentuk untuk memperjuangkan hak hidup, hak bebas menentukan nasibnya sendiri para pemuda Papua di tanahnya sendiri,”beber Marlon Fatem.
Ketua Badan Kehormatan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Mahasiswa Papua se-Papua itu menegaskan KNPB juga dibentuk untuk menjadi corong memperjuangkan rasa keadilan orang Papua korban kejahatan negara di masa lalu yang tidak pernah diperoleh sampai saat ini. Dengan demikian jika dinyatakan markas
KNPB berada di hutan itu sangat keliru, justru markas KNPB berada di tempat-tempat kontrakan mahasiswa, asrama-asrama mahasiswa, tempat pertemuan publik dan juga di dalam Kampus Uncen Jayapura, terutama ada di FISIP Uncen Jayapura.

Ditegaskan Marlon Fatem, pemikiran-pemikiran pihaknya dan Uncen pun ikut menentukan demokrasi lokal di Papua berujung, dan KNPB harus te­rus ada untuk menjaga dan memelihara isu Papua Merdeka, karena hanya isu Papua merdeka sajalah yang bisa membuat Jakarta atau Pemerintah Pusat menaruh perhatian serius untuk membangun Papua.

Sebab jika tidak ada isu Pa­pua merdeka, Papua akan tetap dianggap anak bawang dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Saya bersyukur de­ngan adanya KNPB ini, karena tesis saya tentang pergerakan masyarakat sipil Papua melawan ketidakadilan negara di Papua melalui pemuda Papua, akhirnya bisa berjalan dengan baik,”pungkas Marlon Fatem.(lm)

Sumber: RadarSorong
KNPB Hadir Untuk Bangun Kesadaran Pemuda Papua KNPB Hadir Untuk Bangun Kesadaran Pemuda Papua Reviewed by Fakfak on 06:55:00 Rating: 5
Powered by Blogger.