Kodim Fakfak Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana

Posted By Admin on Sunday, 20 December 2015 | 20:25:00

Kodim 1706/Fakfak menggelar latihan gabungan penanggulangan bencana alam tanah longsor dengan melibatkan Polri, BPBD, Badan SAR Nasional, Dinas PU dan Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, di Lapangan Reklamasi Pantai dan sekitar Kampung Bugis Dalam Tumburuni, Sabtu (19/12). (Foto: Istimewa/Pendam XVII Cenderawasih)
"Jadikan latihan ini sebagai pengalaman apabila kita benar-benar melakukan suatu pertolongan yang diakibatkan oleh adanya bencana alam," kata Andi.
Jayapura (Antara Papua) - Kodim 1706/Fakfak menggelar latihan gabungan  penanggulangan bencana alam tanah longsor dengan melibatkan Polri, BPBD, Badan SAR Nasional, Dinas PU dan Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, di Lapangan Reklamasi Pantai dan sekitar Kampung Bugis Dalam Tumburuni, Sabtu (19/12).

Latihan gabungan itu dipimpin Dandim 1706/FF Letnan Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, didampingi Penjabat Bupati Fakfak Oktovianus Mayor.

Sebelum pelaksanaan latihan, Letkol Andi menyampaikan agar dalam pelaksanaan latihan dilakukan dengan sungguh-sungguh serta tetap menjaga keamanan baik personil maupun materiil.

"Jadikan latihan ini sebagai pengalaman apabila kita benar-benar melakukan suatu pertolongan yang diakibatkan oleh adanya bencana alam," kata Andi.

Disamping itu, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan aparat dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam, sehingga apabila benar-benar terjadi semuanya sudah siap dan mengerti akan tugas dan tanggungjawab serta apa harus harus dilakukan.

Skenario latihan disimulasikan bahwa terjadi angin dan curah hujan yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan tanah longsor di Kampung Bugis Dalam Tumburuni.

Posko penanggulangan bencana kemudian mendapat laporan dari anggota Babinsa dilapangan bahwa telah terjadi bencana alam tanah longsor di Kampung Bugis  Tamburuni.

Posko penanggulangan bencana alam langsung merespon dengan menggerakan pasukan/Tim SARr gabungan untuk melaksanakan penanganan di lokasi yang terkena bencana alam tanah longsor.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD, Badan SAR Nasional, Dinas PU, Dinas Kesehatan, tiba di TKP Kampung Bugis Tumburuni Dalam, untukselanjutnya melaksanakan evakuasi terhadap korban tanah longsor yang mengalami luka luka, maupun yang sudah meninggal.

Akibat curah hujan yang tinggi selain mengakibatkan tanah longsor juga menimbulkan banjir bandang sehingga Tim Sar selain melakukan evakuasi di darat juga melakšanakan pencarian korban hanyut lewat laut yang terbawa aru? air.

Selanjutnya Tim SAR gabungan melakukan proses evakuasi dan berhasil mengevakuasi korban tanah longsor dan korban hanyut serta mengevakuasi Warga sekitar lokasi bencana tanah longsor untuk diungsikan ketempat yang lebih aman.
  
Kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan dan dilanjutkan dengan pengecekan akhir.

Usai latihan, Penjabat Bupati Fakfak Oktovianus Mayor menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta latihan.

"Saya apresiasi latihan hari ini karena sangat baik bagi kami semua, kedepan harus dilaksanakan minimal satu atau dua kali dalam setahun dengan melibatkan juga Kepala Distrik, Lurah dan aparat lainnya. Saya atas nama Pemerintah mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada Kodim yang telah m?nyelenggarakan latihan ini dengan kesungguhan serta penuh semangat yang tinggi," ujarnya. (*/adv)

Editor: Anwar Maga
Blog, Updated at: 20:25:00