Jangan Sekadar Silaturahmi, Kunjungan Jokowi ke Timor Leste Mesti Ada Terobosan


 JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Martin Hutabarat, mengapresiasi kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Timor Leste. Martin mendorong Jokowi untuk membuat terobosan diplomatik dengan negara tersebut.

Terobosan diplomatik yang dimaksud Martin adalah realisasi komitmen pemerintah Indonesia menyelesaikan masalah aset lahan dengan Timor Leste.

Menurut Martin, masih banyak lahan, kebun, dan rumah milik ribuan keluarga WNI keturunan Timor Leste yang sempat mengungsi ke Indonesia dan masalah lahannya belum terselesaikan.
"Ini sudah sangat lama menjadi kerinduan mereka. Tapi tidak pernah serius diperhatikan pemerintah," kata Martin, Selasa (26/1/2016).


Selain itu, politisi Partai Gerindra ini juga meminta Presiden Jokowi mempertimbangkan memberi pemakaman layak kepada para pahlawan yang gugur dan dimakamkan di belasan distrik di Timor Leste.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, pemakaman para pahlawan Indonesia di Timor Leste tidak terurus dan perlu perhatian. "Makam-makam mereka itu sangat menyedihkan karena tidak ada yang mengurus," ujarnya.
Ia mengusulkan agar makam para pahlawan itu dipindah ke makam pahlawan milik Indonesia di Kota Dili atau sebagian lain dipindah ke Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

"Saya kira kita tidak boleh melupakan jasa dan pengorbanan ribuan pahlawan kita yang telah gugur semasa perang di Timor Timur dulu," ujarnya.

Ia berharap hubungan antara Indonesia dan Timor Leste dapat terus dijaga dan dipertahankan. Hal ini karena Indonesia dan Timor Leste memiliki hubungan emosional yang sangat dekat.

"Hampir semua anggota kabinet dan pejabat pemerintahan Timor Leste adalah lulusan perguruan tinggi di Indonesia," ujar Martin.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Timor Leste, Selasa (26/16/2016). Di Dili, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan Perdana Menteri Timor Leste Maria De Araujo.

Beberapa isu yang akan dibahas adalah penguatan kerja sama perdagangan, investasi, energi, pembangunan infrastuktur serta komitmen bersama untuk mempercepat penyelesaian isu perbatasan.
Dalam kunjungan tersebut, akan ada penandatanganan kesepakatan kerja sama pemuda dan olahraga, kearsipan, klimatologi dan geofisika, search and rescue, serta energi, petroleum dan sumber daya mineral.
Pemerintah Timor Leste akan menganugerahkan Bintang Jasa Tertinggi Republik Demokratik Timor-Leste Grande Colar de Ordem de Timor Leste kepada Presiden Jokowi. Acara penganugerahan itu akan dikalungkan oleh Presiden Taur Matan Ruak.

Sebelum kembali ke Tanah Air, Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Metinaro dan Taman Makam Pahlawan Seroja.
Presiden dan rombongan diperkirakan akan tiba di Tanah Air pada Selasa malam.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kenegaraan ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (*)
Sumber www.tribunnews.com

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :