Menteri Transmigrasi Siapkan Lahan Pertanian untuk eks Gafatar

Kalau mau ikut transmigrasi, kita siapkan lahan-lahannya. Di Kalimantan ada, di Sulawesi, Sumatera, bahkan Papua sekalipun
Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar mengaku siap menyediakan lahan pertanian untuk mantan pengikut Gafatar jika ingin bertransmigrasi.

"Kalau mau ikut transmigrasi, kita siapkan lahan-lahannya. Di Kalimantan ada, di Sulawesi, Sumatera, bahkan Papua sekalipun," ujar Marwan seusai pembukaan Mukernas Persatuan Sarjana Pertanian Indonesia (PSPI) di Jakarta, Sabtu.

Meski demikian, dia memberikan syarat khusus jika para eks Gafatar tersebut ingin ikut transmigrasi.

Pertama, mereka tidak boleh kembali menyebarkan paham-paham yang ada di ormas tersebut.

"Kemudian, yang kedua adalah persoalan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila harus sudah selesai dahulu. Kalau sekarang, negara dalam negara bahkan mereka punya pemerintahan sendiri," jelas dia.

Para mantan pengikut Gafatar tersebut harus tunduk kepada pemerintah dan cinta kepada Tanah Air.

Selain itu, jika para mantan pengikut Gafatar tersebut mengikuti transmigrasi maka mereka harus membaur, karena jika dikelompokkan kembali maka dikhawatirkan mereka akan melakukan tindakan serupa.

"Tidak ada namanya transmigrasi eksklusif, mereka harus membaur. Eksklusivitas merupakan cikal bakal radikalisme," terang politisi PKB itu.

Marwan juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk menindak aktor dibalik ormas Gafatar tersebut.

"Karena kalau pengikutnya itu hanya korban, aktornya ini yang harus diproses hukum," cetus dia.

Para eks Gafatar itu juga harus mengikuti pembinaan rohani yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama sebelum mengikuti transmigrasi karena mereka telah dicuci otaknya oleh pemimpin Gafatar.
Editor: Fitri Supratiwi
Menteri Transmigrasi Siapkan Lahan Pertanian untuk eks Gafatar Menteri Transmigrasi Siapkan Lahan Pertanian untuk eks Gafatar Reviewed by Fakfak on 18:58:00 Rating: 5
Powered by Blogger.