EKSPEDISI NKRI: Koalisi Masyarakat Kritik Keberadaan TNI

 

JAKARTA - Koalisi Masyarakat Tolak Ekspedisi NKRI mengkritik program eskspedisi ke Papua Barat dengan mengirimkan lebih banyak anggota militer yakni sekitar 670 personil TNI dan 530 sipil.

Pengacara Publik LBH Jakarta Veronica Koman mengatakan pihaknya mengkritik tujuan ekspedisi tersebut yakni meneliti kekayaan sumber daya alam di Papua Barat sekaligus persoalan yang ada di wilayah tersebut. Dia mempertanyakan jumlah personil TNI yang lebih banyak untuk ekspedisi tersebut.

"Sejak kapan TNI bisa menjadi peneliti? Kalau benar ini tujuannya semata-mata penelitian kok yang dikirimkan lebih banyak personil TNI/Polri dibandingkan dengan peneliti?" kata Veronica dalam siaran pers, Rabu (10/2/2016).

Koalisi menyatakan ekspedisi itu hanya akan melancarkan investasi dan memperlancar perampasan lahan adat dan kerusakan lingkungan. Veronica mengungkapkan yang diperlukan Papua adalah dokter dan guru mengingat kebutuhan masyarakat yang mendesak.

Pada Januari lalu, Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani membuka Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat dengan mengirimkan anggota Kopassus, pemuda dan mahasiswa. Tujuannya, menggali potensi yang ada di wilayah tersebut.

Sumber: http://kabar24.bisnis.com
EKSPEDISI NKRI: Koalisi Masyarakat Kritik Keberadaan TNI EKSPEDISI NKRI: Koalisi Masyarakat Kritik Keberadaan TNI Reviewed by Fakfak on 10:56:00 Rating: 5
Powered by Blogger.