Raih Rp.40 T Tiap Tahun, Papua Tak Kunjung Sejahtera

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil mengungkapkan, saat ini pemerintah masih kesulitan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah Papua. Padahal, setiap tahunnya anggaran yang dikucurkan mencapai Rp40 triliun.

"Di Papua, dana satu tahun itu Rp40 triliun untuk meningkatkan kesejahteraan. Tapi kesejahteraan tidak meningkat," kata Sofyan dalam acara pembukaan musyawarah rencana pembangunan nasional di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Melihat fakta ini, lanjutnya, maka dana bukanlah inti persoalan dalam peningkatan kesejahteraan Papua. Tahapan utama yang perlu dilakukan adalah dengan pemerataan sumber daya manusia, khususnya tenaga pendidik.

"Jadi bukan soal dana tapi SDM. Kita lihat guru harus kita sebar, terutama untuk daerah-daerah pedesaan," ungkap Sofyan.
Khususnya dalam bidang pendidikan, lanjutnya, pemerintah akan mengutamakan penyebaran guru-guru ke daerah-daerah terpencil di Papua. Dengan begitu, dalam jangka panjang diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat Papua dapat meningkat dengan mengandalkan sektor pendidikan.

"Karena selama ini guru bertumpuk di kota tidak ada yang mau ke desa. Nanti akan kita sebar," tukasnya.
(rai)
 

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :