Kapolres: Akan Tindak Tegas Oknum Aparat Bila Lakukan Kekerasan pada Jurnalis ataupun warga lagi

ils: Stop Kekerasan terhadap jurnalis
Berikut ini adalah proses penyelesaian tindak kekerasan dan ancaman kekerasan yang dilakukan seorang anggota Brimob Polisi, Bripka Erwin, terhadap Morten Kabes, Peliput Berita/ Jurnalis (terdaftar sebagai Stringer/ Calon Jurnalis) di Fakfak, pada Senin (02-05-2016), antara pk 21:00 - 22:00 wit malam.

Selasa (03-05-2016), pk 09:00 wit, atas inisiatif seorang perwira polisi dari Polda Papua Barat (tidak mau namanya disebut), yang berada di Fakfak, dan mendesak Kapolres Fakfak, AKBP Drs. Haji Muhammad Yusuf Th., SH, untuk segera menyelesaikan perselisihan anggota Brimob dengan Jurnalis. Di halaman Kantor Polres Fakfak, perwira Polda Papua Barat ini, bercakap-cakap dengan rekan Surahman, Kontributor MNCTV Group, perihal peristiwa tindak kekerasan terhadap Jurnalis, juga perihal situasi Kamtibmas terkait ramainya aksi demo warga Papua. Rekan Surahman ialah satu-satunya Jurnalis yang menyaksikan langsung tindak kekerasan yang menimpa Morten Kabes.

Rekan Surahman, lalu menelpon saya, dan menyerahkan handphone miliknya kepada perwira Polda Papua Barat dimaksud, saat itu, agar saya dapat berbicara langsung. Saat peristiwa ini terjadi, saya telah bertugas di Manokwari, sebagai Kontributor Metro TV. Sedang Morten Kabes ialah calon Jurnalis, yang sementara saya latih untuk mengirimkan laporan beritanya ke stasiun TV tempat saya bekerja, Metro TV.

Kami menghubungi Morten Kabes, untuk segera datang ke Kantor Polres Fakfak.
Saat tiba, Morten Kabes dan Surahman, diajak Kapolres Yusuf untuk berkumpul di ruang kerjanya, lt. 1 Kantor Polres Fakfak. Kapolres Yusuf meminta kepada kedua Jurnalis agar masalah yang terjadi diselesaikan secara baik-baik.

Kapolres Yusuf lalu memanggil IPDA Yakub, Komandan Kompi (Danki)Brimob Polisi dari Sorong, yang bertugas BKO di Fakfak, atasan langsung Bripka Erwin, pelaku.
Saat memasuki ruang kerja Kapolres Fakfak, Danki IPDA Yakub, berulang kali meminta maaf atas tindakan anak buahnya yang ceroboh. IPDA Yakub kemudian memanggil Bripka Erwin untuk bergabung di ruang kerja Kapolres Fakfak.

Kapolres Yusuf menyampaikan wejangan kepada dua anggota Brimob ini terkait fungsi kepolisian dan pentingnya relasi kerjasama antara Polri dengan Jurnalis. Dua wartawan yang ada, Surahman dan Morten, juga menyimak nasehat Kapolres Yusuf. Setelah itu, IPDA Yakub, menegur Bripka Erwin terkait kecerobohan yang dilakukannya, dan mengarahkan Bripka Erwin untuk meminta Maaf.

Bripka Erwin lalu menghampiri Morten Kabes, seraya menjabat tangan Morten dan keduanya saling berangkulan. Suasana jadi terasa haru, ketegangan sebelumnya berganti menjadi rasa nyaman.
Danki IPDA Yakub, berjanji akan menjamin keselamatan Morten, dan tidak akan terjadi lagi oknum aparat yang berbuat macam-macam. ''Jika ada, segera diberi-tahukan ke saya!'' tegasnya.

Kapolres Fakfak, AKBP Haji Drs. Muhammad Yusuf Th., SH, juga menyampaikan permohonan maaf, dan menyatakan, jika terjadi lagi, akan menindak tegas oknum aparat yang melakukan kekerasan terhadap Jurnalis, ataupun terhadap warga.

Setelah berdiskusi sejenak, sambil mencicipi makanan ringan dan air kemasan, kedua Jurnalis dan dua anggota Brimob beranjak dari ruang kerja Kapolres Fakfak. Suasana terasa lebih sejuk, saat Morten dan Bripka Erwin, bercakap-cakap dengan akrab saat berjalan turun dari lantai atas Kantor Polres Fakfak hingga di halaman.

Sekian!

Terimakasih atas perhatian dan dukungan semua rekan Jurnalis, LSM, Pakar dan Profesionalis lainnya untuk masalah ini...

Moga tidak terjadi lagi tindak kekerasan di negeri ini...!

Selesaikan konflik secara adil dan bermartabat..., karena rasa Adil hadir lebih dulu sebelum Damai itu datang!

Sehingga Damai itu 'kan selalu Indah selamanya!!!

Alex Tethool
Metro TV
Papua Barat
Kapolres: Akan Tindak Tegas Oknum Aparat Bila Lakukan Kekerasan pada Jurnalis ataupun warga lagi Kapolres: Akan Tindak Tegas Oknum Aparat Bila Lakukan Kekerasan pada Jurnalis ataupun warga lagi Reviewed by Fakfak on 08:16:00 Rating: 5
Powered by Blogger.