Jokowi Instruksikan Beasiswa Kuliah Diprioritaskan untuk Anak Indonesia Timur

Posted By Admin on Wednesday, 14 December 2016 | 11:46:00

Anak-anak sekolah di Lembata bersiap untuk atraksi pembukaan Hari Nusantara 2016 di Pelabuhan Lewoleba, Lembata, NTT, Selasa (13/12/2016)

LEMBATA - Tahun 2017, pemerintah pusat akan memprioritaskan warga di lima provinsi di Indonesia timur untuk mendapat program beasiswa.

Kelima provinsi yang dimaksud, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Tenggara dan Nusa Tenggara Timur.

"Presiden mengarahkan untuk memberikan prioritas mulai tahun depan kepada lima provinsi, Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT," ujar Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat membuka Hari Nusantara 2016 di Lewoleba, Larantuka, Selasa (13/12/2016).

Adapun, program jurusan yang masuk kategori beasiswa itu, antara lain ekonomi, teknik sipil dan perikanan.
Universitas yang terbuka atas beasiswa ini juga bermacam-macam. Mulai dari universitas dalam negeri hingga universitas terkemuka di penjuru dunia.

"Oleh sebab itu saya imbau, anak-anak NTT kalau ingin maju, ingin merdeka dari kebodohan, ayolah menjadi yang terbaik melalui program ini," ujar Luhut.

Setelah sambutan itu, Luhut sempat menghampiri paduan suara Salvator, salah satu pengiring pada acara Hari Nusantara 2016. Kelompok itu terdiri dari 500 muda mudi asal Kabupaten Lembata.
Di depan mereka, Luhut kembali mengingatkan ke anak-anak itu untuk memanfaatkan program beasiswa LPDP dari pemerintah.

"Bapak saya cuma sopir bus. Ibu saya tamat SD saja tidak. Tapi saya tidak pernah malu," ujar dia.
"Pemerintah akan menyekolahkan kalian ke penjuru dunia. Tidak perlu malu kalau bapakmu petani atau apa. Malu itu kalau jadi maling. Itu pesan khusus saya," lanjut Luhut.

Luhut juga berpesan agar anak-anak itu tidak hanya mengasah kemampuan intelektual, namun juga mengasah kepribadian yang kuat.

"Kalau punya hati yang baik dan otak yang pintar maka akan merdeka dari kebodohan. Tanpa punya hati yang baik, nanti bisa jadi maling," ujar Luhut.
Sumber: http://nasional.kompas.com
Blog, Updated at: 11:46:00