8.500 Keluarga di Papua Dapat Listrik Tenaga Air dan Surya

Foto: Fadhly Fauzi Rachman

Jakarta - Sampai saat ini, masih ada sekitar 12.000 desa di seluruh Indonesia yang belum terlistriki dengan baik. Dari jumlah itu, 2.519 desa di antaranya bahkan gelap gulita karena belum berlistrik sama sekali. Sebagian besar desa yang belum menikmati listrik ini berada di Papua. Dibutuhkan terobosan agar desa-desa tersebut segera terang benderang.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) untuk menerangi desa-desa di pedalaman Papua adalah, dengan membangun pembangkit-pembangkit yang memanfaatkan bertenaga energi terbarukan lokal.

Misalnya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM). PLTS dan PLTM cocok untuk wilayah terpencil, karena sumber energinya sudah tersedia di wilayah itu sendiri, tak perlu didistribusikan dari tempat yang jauh. Jika menggunakan energi fosil seperti BBM, tentu akan sangat mahal biaya distribusi bahan bakarnya.

"Kami akan melistriki desa-desa di pedalaman Papua yang terpencil dan sulit dijangkau oleh PLN dengan energi terbarukan," kata Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana, kepada detikFinance, Senin (13/3/2017).

Rida mengungkapkan, tahun ini 2 unit PLTM dengan kapasitas 700 kilowatt (kW) akan dibangun di Kabupaten Puncak, Papua. Sebanyak 1.750 Kepala Keluarga (KK) akan menikmati listrik dari pembangkit ini.

Lalu 4 unit PLTM dengan kapasitas 1.000 kW dibangun di Kabupaten Pegunungan Bintang. Manfaatnya bakal dirasakan 2.500 KK. Kemudian 1 unit PLTS terpusat berkapasitas 20 kW rencananya dibangun untuk menerangi 53 KK di Kabupaten Mimika. Di Kabupaten Supiori akan dibangun 2 unit PLTM berkapasitas 1.500 kW untuk 3.750 KK.

Selain itu, 3 unit PLTS dengan kapasitas masing-masing 30 kW akan dibangun di Kabupaten Fakfak. Sebanyak 269 KK yang nanti menikmati listriknya. Kemudian 1 unit PLTS dengan kapasitas 50 kW dan PLTM 30 kW bakal dipasang di Raja Ampat supaya 216 KK di sana bisa menikmati listrik.

Total 8.538 KK di pedalaman Papua bakal menikmati manfaat dari PLTS dan PLTM yang dibangun Kementerian ESDM ini. Dengan asumsi 1 keluarga berjumlah 4 orang, maka ada hampir 40.000 penduduk yang terlistriki. (mca/wdl)

Sumber: finance.detik.com
8.500 Keluarga di Papua Dapat Listrik Tenaga Air dan Surya 8.500 Keluarga di Papua Dapat Listrik Tenaga Air dan Surya Reviewed by Fakfak on 09:27:00 Rating: 5
Powered by Blogger.