Kedepan, Kereta Api “Tulang Punggung” Transportasi Papua Barat

Posted By Admin on Sunday, 26 March 2017 | 10:49:00

Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Bambang Heriawan Soesanto
 
MANOKWARI, — Modal transportasi kereta api kedepan dinilai akan menjadi tulang punggung transportasi di wilayah pedalaman Provinsi Papua Barat.

Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Bambang Heriawan Soesanto di Manokwari, Jumat, mengutarakan, trase  jalur kereta api akan dibangun dan menembus seluruh wilayah pedalaman.
“Kereta api adalah jasa transportasi massal yang sangat efektif dan murah baik untuk penumpang maupun barang. Masyarakat akan sangat terbantu dengan adanya alat transportasi tersebut,” kata Bambang.

Persiapan pembangunan perkeretaapian Papua Barat telah dilaksanakan sejak tahun 2015. Sejumlah kajian terkait rencana pembangunan tersebut sudah selesai dilaksanakan.

Tahun ini, pihaknya akan melaksanakan studi Land Acquisition and Resettlement Action Plan (Larap) dan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).

Beberapa waktu lalu, ia mengajak seluruh kepala Dinas Perhubungan se-Papua Barat berkunjung dan konsultasi terkait pembangunan perkeretaapian di Provinsi Sulawesi Selatan.
“Kita melaksanakan rapat koordinasi teknis di sana. Sulawesi kita pilih karena daerah tersebut berhasil memulai pembangunan Perkeretaapian dari nol,” katanya.

Pihaknya tidak memilih wilayah Jawa dan Sumatera karena perkeretaapian di wilayah tersebut sudah sangat eksis. Sementara Papua Barat baru memulai dari nol.
Sulawesi Selatan, kata dia, dinilai relevan karena daerah tersebut baru saja memulai pembangunan tersebut, dan saat ini pembangunan masih berlangsung.

Meskipun demikian, studi banding pun pernah dilakukan di wilayah Jawa dan Sumatera, terutama di daerah yang bertopografi bukit dan pegunungan layaknya Papua Barat.

“Di Sulawesi Selatan kami berkunjung ke Kabupaten Barru, yang merupakan titik awal pembangunan perkereta apian Sulawei Selatan sekaligus sebagai lokasi ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan tersebut,” ujarnya lagi.

Menurut dia, berbagai informasi penting diperoleh pada kunjungan tersebut, baik dari pemerintah daerah setempat maupun dari Satuan Kerja Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Bambang berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi inspirasi para kepala dinas perhubungan kabupaten/kota dan seluruh jajaran. Dengan demikian, ground breaking perkeretaapian Papua Barat segera dilakukan. (IBN)(sumber: Cahayapapua.com)
Blog, Updated at: 10:49:00