Komisi VIII: Hasyim Muzadi Sosok Bapak bagi Umat Islam

Mantan ketua umum Nahdlatul Ulama (NU), Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi (kiri). (Foto: dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid mengatakan bahwa sosok K.H Hasyim Muzadi yang meninggal dunia pada hari Kamis (16/3) sekitar pukul 06.15 pagi merupakan bapak bagi umat Islam.

“Beliau (KH Hasyin Muzadi) merupakan sosok bapak bagi umat Islam dan  sosok ulama dan nahdliyin tulen yang  peduli sekali kepada nasib kiai dan pesantren mubaligh (penyampai risalah) yang jelas, sejuk dan segar bagi jemaah," kata Sodik saat dihubungi satuharapan.com di Jakarta, hari Kamis (16/3).

“Dan beliau juga demi kepentingan umat pernah siap tampil dalam pilpres (pemilihan presiden tahun 2004). Semoga Allah SWT mengampuni dosanya dan menempatkan pada tempat yang mulia sesuai iman dan amalnya."

Sementara itu, Ketua Lembaga Dakwah PBNU, Maman Imanulhaq mengenang sosok mantan Ketua Umum PBNU, KH Hasyim Muzadi sebagai seorang yang tanpa lelah menyebarkan dakwah hingga ke luar negeri.

Menurut Maman, Kiai Hasyim berjuang dengan penuh semangat meneguhkan kembali Islam yang ahlussunah wal jamaah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Beliau tanpa lelah meneguhkan kembali komitment Islam ahlussunah wal jamaah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta mensosialisasikan itu hingga ke luar negeri,”kata dia.

Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyebut sosok mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden kerap menginspirasi masyarakat melalui dakwah-dakwahnya yang menggunakan bahasa yang mudah dipahami masyarakat.

Sebagai bagian dari kaum muda NU, Maman merasa kehilangan dengan kepergian Kiai Hasim yang meninggal dunia sekira pukul 06.15 WIB di kediamannya di Malang, Jawa Timur.

“Kaum muda seperti kami sangat kehilangan Kiai Hasyim,” kata dia.
Sementara Wakil Ketua Komisi VIII Deding Ishak menilai Kiai Hasyim merupakan tokoh bangsa dan negarawan sekaligus tokoh ulama.
"Beliau adalah tokoh bangsa, negarawan sekaligus tokoh ulama yang telah menjadi panutan umat, pandangan sikap dan akhlak beliau patut diikuti dan diteladani anak bangsa. Beliau dikenal sebagai sosok yang gigih memperjuangkan Islam moderat dan damai di dunia Islam  internasional.

Perjuangan pengabdian dan kontribusinya untuk bangsa dan negara sungguh sangat dirasakan. Semoga AllĂ h menempatkanya sebagai ahli surga," kata dia.
Sebelumnya kesehatan Kiai Hasyim menurun sejak beberapa bulan terakhir. Bahkan, Presiden Joko Widodo sempat menjenguknya pada Rabu 15 Maret 2017.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu akan disemayamkan di Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat. Ia diterbangkan dari Malang Kamis (16/3) siang nanti.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum | SATUHARAPAN.COM

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :