LP3BH Sambut Positif Kunjungan Pelapor Khusus PBB

Manokwari,  - Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) menyambut positif rencana kunjungan Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa Bangsa tentang Kesehatan  (UN Special rapporteur on Health), Dainius Puras, ke Jayapura, Provinsi Papua, yang direncanakan tiba Jumat pekan ini.

Kunjungan Pelapor Khusus PBB tersebut sesuai mandatnya untuk melihat dari dekat tentang situasi hak asasi manusia, khususnya mengenai pelayanan kesehatan bagi masyarakat asli Papua di rumah sakit dan tempat lainnya di Tanah Papua.

“Kami meminta perhatian pemerintah Indonesia dan pemerintah Provinsi Papua serta institusi keamanan setempat untuk ikut memberikan dukungan serta akses seluas luasnya kepada Tuan Puras untuk dapat menjalankan tugasnya secara maksimal selama berada di Jayapura,” uangkap Yan Christian Warinussy, SH, Direktur LP3BH dalam siaran persnya semalam.

Sesuai jadwal, kata dia, Pejabat Ahli PBB tersebut akan mengunjungi rumah sakit setempat, serta bertemu tokoh agama serta beberapa saksi maupun organisasi masyarakat sipil di Tanah Papua.
Berkenaan dengan itu, LP3BH juga mendesak agar rencana pertemuan Pelapor Khusus PBB tersebut dengan saksi, korban dan tokoh agama maupun organisasi masyarakat sipil dapat dilakukan secara damai tanpa intervensi pemerintah maupun institusi keamanan setempat.

“Ini demi kepentingan si pelapor khusus PBB tersebut bisa memperoleh informasi yang benar, faktual, termasa dan imparsial. Sehingga akan berguna pada saat dia menulis laporan dan rekomendasi kepada PBB, Dewan Hak Asasi Manusia PBB serta pemerintah Indonesia,” terangnya.
LP3BH akan turut menghadiri kunjungan Pelapor Khusus PBB tentang Kesehatan tersebut demi memastikan kunjungan tersebut berlangsung dengan baik dan tanpa tekanan (intimidasi) dari manapun atau oleh siapapun.

Diharapkan kunjungan Tuan Danius Puras ini dapat berjalan baik dan lancar, sehingga memungkinkan pemerintah Indonesia dapat mengundang Pelapor Khusus PBB yang lain untuk berkunjung ke Tanah Papua di masa mendatang.(mp-20/Mediapapua.com)

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :