Solidaritas Kendeng, Mahasiswa Papua Cor Kaki di Monas

Jakarta - Puluhan mahasiswa dan komunitas warga Papua menggelar aksi solidaritas terhadap petani Kendeng yang meninggal dunia, Patmi (48). Mereka menuntut Presiden Joko Widodo untuk mencabut izin PT Semen Indonesia yang merugikan para petani.


Pantauan detikcom di Depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (27/3/2017), peserta aksi terdiri dari Komunitas Sanggar Suara, Aliansi Mahasiswa Papua, Komunitas Taring Babi dan Marjinal Band. Sementara puluhan polisi berjaga-jaga di sekitar Monumen Nasional dan Jalan Merdeka Utara agar tidak menutup Jalan Raya.

Selain itu, kaki peserta aksi tersebut disemen dengan dilapisi perban sejak pukul 15.00 WIB. Jika ingin ke toilet, mereka memakai troli dengan dibantu rekan-rekan peserta aksi yang kakinya tak disemen.

"Kami turut menyampaikan duka cita ibu petani kendeng yang meninggal Patmi dan bahkan perjuangan rakyat Indonesia. Kami mendorong perjuangan petani Kendeng tuntutan dituntas rezim Jokowi," kata Ketua Aliansi Mahasiswa Papua Frans Nawipa.


Frans mengaku aksi solidaritas ini merupakan bentuk kepedulian rakyat Papua terhadap Petani Kendeng.

"Kami menggunakan pakaian tradisional rakyat karena tertindasnya kaum Kendeng agar mata dunia melihat penderitaan," kata dia.
(idh/van/ Detiknews.com) | Doc Foto: Faiq Hidayat/detikcom
Solidaritas Kendeng, Mahasiswa Papua Cor Kaki di Monas Solidaritas Kendeng, Mahasiswa Papua Cor Kaki di Monas Reviewed by Fakfak on 21:02:00 Rating: 5
Powered by Blogger.