TNI– Polri Sosialisasi Larangan Kepemilikan Senjata Api di Susmorof

Ilustrasi

MANSEL, TNI dan Polri menggelar sosialisasi terkait Larangan Penyalahgunaan dan Kepemilikan Senjata Api Ilegal bagi masyarakat di Kampung Susmorof, Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Jumat (31/3/2017).

Kabinda Papua Barat Brigjen TNI A. H.Napoleon mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar tidak menggunakan senjata api, karena dilarang oleh Undang-Undang.

“Kami harap masyarakat tidak menggunakan senjata dalam bentuk apapun. Agar masyarakat di Kampung Susmorof  tidak boleh menggunakan sentaja api, agar kedepan anak-anak dari Kampung Susmorof ini suatu saat bisa menjadi TNI atau Polri,” kata Napoleon.

Kapolsek Ransiki Ipda I Wayan Tambun menjelaskan, penyalagunaan senjata sangat berakibat fatal, sebab yang menggunakan senjata api secara tidak benar, akan ditindak tegas sesuai peraturan perundang-undangan.

Yang diperbolehkan untuk memegang senjata yakni mereka yang memiliki ijin, namun  mereka yang diperbolehkan tersebut harus mengikuti tes baik secara tertulis, tes kesehatan dan psikologi.
Yang di ijinkan memengang senjata api tersebut di antaranya TNI, Polri dan pihak-pihak tertentu seperti pihak bank, gubernur, bupati. Namun ini harus melalui tes.

Menurutnya, anggota TNI dan Polri juga tidak semuanya mengunakan senjata. Ini dikhawatirkan yang memegang senjata dapat menembak secara membabi buta.

“Kita tahu senjata yang digunakan saat  ini adalah peninggalan  jaman penjajah. Besar harapan agat senjata yang ada di tangan masyarakat segera di laporkan kepada kepala suku atau kepala kampung, agar dilakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, supaya di serahkan,” kata Wayan.

Bagi masyarakat yang masih menyimpan senjata dengan alasan keperluan mas kawin, lanjut Wayan, akan diberikan imbalan berupa uang.

Disarankan agar mas kawin berupa senjata ditukar dengan menggunakan barang elektronik lain berupa hape  atau alat elektronik lainnya.

Kepala Suku Susmorof, Elieser Aiba menyampaikan terima kasih kepada aparat TNI dan Polri yang telah datang di kampung tersebut untuk memberikan arahan kepada masyarakat Susmorof. (ACM/
Cahayapapua.com)

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :