Majukan Puncak Papua, Bupati Wandik Raih Penghargaan


Foto: Bupati Wandik (ist)
Jakarta - Bupati Willem Wandik mendapat penghargaan sebagai Bupati Terbaik Indonesia 2017. Penghargaan dia dapat atas perjuangannya mengeluarkan Kabupaten Puncak, Papua, dari Isolasi. Willem mendapat penghargaan dalam gelaran Indonesian Ministers Awards 2017 Goverment and BUMN yang diselenggarakan oleh 7 media di Bali, Jumat (28/4) lalu. Penganugerahan penghargaan ini didukung oleh sejumlah kementerian.

Sertifikat penghargaan turut ditandatangani Mendagri Tjahjo Kumolo, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkominfo Rudiantara, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Perwakilan kementerian turut hadir dalam acara pemberian penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah dan pengusaha berprestasi, inovatif, dan mensejahterakan rakyat itu.

Ada dua penghargaan yang didapat oleh Willem Wandik. Pertama adalah Outstanding Regional Economic Growt (Pertumbuhan Ekonomi), Education Sector (Sektor Pendidikan), Infrastructure Development (Pembangunan Infrastruktur), and Public Health (Kesehatan Masyarakat) of the year 2017. Wandik juga menjadi salah satu Best Innovative Figures of the year 2017 (Bupati Terbaik se-Indonesia).




"Saya atas nama masyarakat kabupaten Puncak mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk dua penghargaan ini. Ini akan menjadi motivasi kami untuk menjadi lebih baik lagi setiap tahunnya," ujar Wandik kepada detikcom, Minggu (30/4/2017).

Wandik pun mengatakan, Kabupaten Puncak merupakan kabupaten baru yang berumur 8 tahun paling terisolasi dan hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara. Selama ini, barang-barang kebutuhan pokok di wilayah tersebut harganya 'selangit'. Sebelumnya, harga satu sak semen di Puncak bisa mencapai Rp 2 juta, bahkan bensin per liter nya dibanderol hingga Rp 60 ribu. Hal tersebut terjadi karena biaya angkut logistik dan keperluan lainnya yang mahal sebab harus menggunakan pesawat perintis untuk sampai di Kabupaten Puncak.

Sejalan dengan hal tersebut, Wandik terus berbenah untuk daerah yang dipimpinnya. Pembangunan terus berkelanjutan dan fasilitas-fasilitas kebutuhan masyarakat dibangun untuk mempermudah kehidupan warga setempat. Seperti pusat grosir murah, hingga Pompa bensin atau SPBU.

"8 bulan ini masyarakat sudah punya pom bensin di mana bensin yang tadinya Rp. 50.000/ liter jadi Rp. 6.500 / liter. Tentu biar tidak ada perbedaan di negara ini," jelas Willem.

Selain Wandik, ada sejumlah kepala daerah yang juga mendapatkan penghargaan. Ada 7 bupati yang mendapat penghargaan sebagai Bupati Terbaik Indonesia tahun 2017. Wandik berada di urutan pertama, kemudian disusul oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Bupati Dompu Bambang M Yasin, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, dan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari.

Kemudian juga ada penghargaan bagi 5 Wali Kota Terbaik Indonesia Tahun 2017. Mereka adalah Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Wali Kota Samarinda SyaharieJa'ang, dan Wali Kota Kendari Asrun.(ear/rvk)

Sumber: Detiknews

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :