Pakar Tegaskan Foto Seronok Firza Husein Asli

Firza Husein - sumber foto http://tengokberita. com

Jakarta - Pakar dalam pengenalan wajah dari Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Mabes Polri Heri Cahyono menegaskan foto-foto perempuan dalam percakapan WhatsApp yang mengandung pornografi dan sekarang disidik polisi dipastikan Firza Husein.

Usai dimintai keterangan penyidik Polda Metro Jaya, Heri menyampaikan tidak ada rekayasa pada foto-foto yang pernah menghebohkan media sosial itu.

"Kami simpulkan bahwa foto yang diserahkan penyidik untuk diperiksa tim Inafis adalah asli bukan rekayasa," ujar Heri di Mapolda Metro Jaya, Senin (15/5).

Dia menjelaskan tim Inafis melakukan analisis atau pemeriksaan menggunakan sebuah program pemindai algoritma biometrik wajah yang mampu mencocokkan wajah dengan foto. Hasilnya, foto vulgar yang beredar cocok dengan foto Firza pada saat pemeriksaan.

"Dari sistem algoritma otomatis hasilnya match. Kalau wajahnya berbeda, secara sistem akan menolak," kata Heri, sembari menambahkan ketika pemeriksaan Firza sempat diambil fotonya dari beberapa sudut berbeda.


Ia menyampaikan, tim Inafis melakukan tiga metode untuk melakukan face recognition atau pengenalan wajah. Pertama bio finder yakni mencocokkan dua foto wajah dari satu orang yang sama. Identifikasi wajah di dalam foto yang dianalisis kemudian terkoneksi langsung dengan data base Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kedua, menggunakan sistem searching. Apabila foto seseorang dimasukkan, sistem akan mencari dan terkoneksi dengan data base. "Seketika itu data base akan muncul, dan kebetulan Firza itu muncul di data base eKTP. Jadi saya yakin sekali," ungkapnya.

Lalu cara ketiga menurut Heri  adalah menggunakan Adobe Photoshop CS 6 yang sudah dimodifikasi.

"Adobe Photoshop untuk memperbesar, identifikasi pixel sambungan dan tingkat kerapatan," jelasnya.

Menurutnya, hasil ketiga metode itu menunjukan adanya kecocokan dengan Firza.

"Banyak saya temukan indikasi-indikasi keaslian dari warna kulit, kemudian proporsional ukuran dan efek pencahayaan. Ketika dia searah sinkron kelihatan," tandasnya.

Sumber: www.beritasatu.com
Pakar Tegaskan Foto Seronok Firza Husein Asli Pakar Tegaskan Foto Seronok Firza Husein Asli Reviewed by Fakfak on 09:24:00 Rating: 5
Powered by Blogger.