Festival Film Papua akan Digelar di Merauke

MERAUKE,- Pada tanggal 7-9 Agustus 2017 mendatang, Papuan Voices akan menyelenggarakan Festival Film Papua di Merauke, Papua. Ini adalah Festival Film Pertama yang dilakukan oleh Papuan Voices dan rencananya akan menjadi agenda tahunan.

Siaran pers Papuan Voices yang diterima satuharapan.com menjelaskan Festival Film Papua akan menjadi tolak ukur pergerakan perfilman di Papua terutama dokumenter, memicu semangat para filmmaker muda Papua untuk terus berkarya dan menggerakkan nonton film dokumenter di masyarakat terutama di Masyarakat Adat Papua dalam upaya membangun kesadaran kritis masyarakat adat terhadap beragam fenomena masa lalu dan masa kini yang terjadi sebagai proses dialektika. Terutama dalam upaya pemenuhan hak-hak Sipol dan Ekosob Masyarakat Adat Papua dan kelestarian lingkungan untuk generasi masa depan.

Festival Film Papua bertujuan untuk memperkenalkan Papua lewat film-film dokumenter ke masyarakat luas baik di Papua, Nasional maupun Internasional. Dengan demikian diharapkan ada perspektif baru yang menempatkan Papua sebagai subjek dalam dalam melihat dan “menentukan” masa depannya sendiri dan berkontribusi mengakhiri ketidakadilan di Tanah Papua.

Tema Festival Film Papua Tahun 2017 adalah Bomi Zai Anim-Ha: Rumah bersama manusia sejati yang menghidupi identitas dan ingatan kolektif Masyarakat Adat Papua yang berhubungan erat dengan alam dan membangun Bomi zai  Tanah Papua.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Festival Film Papua Tahun 2017,  diselenggarakan workshop film di 5 Wilayah Komunitas Papuan Voices, Worskhop media, dan kompetisi Film. Kompetisi film adalah salahsatu kegiatan penting dari Festival ini di mana film-film terbaik hasil kompetisi akan diputarkan saat festival berlangsung.

Tentang Papuan Voices

Papuan Voices adalah Komunitas Filmmaker Papua yang fokus memproduksi dokumenter berdurasi pendek tentang Manusia dan Tanah Papua. Filmmaker Papua hendak menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh lapisan komunitas masyarakat di Tanah Papua, Indonesia dan Internasional untuk melihat Papua melalui “mata” orang Papua sendiri dalam bentuk film dokumenter.

Papuan Voices terbentuk Tahun 2011 ketika Engage Media, Justice Peace and Integration of Creation (JPIC)  MSC Indonesia dan Sekretariat Keadilan Perdamaan dan Keutuhan Ciptaan (SKPKC) Franciscan Papua (FP)  bekerjasama dan mulai melatih para filmmaker baru di Papua. Papuan Voices sudah memproduksi  beragaman  jenis film dokumenter serta menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk melahirkan para filmmaker  di Tanah Papua.

Saat ini  Papuan Voices tersebar  di 5 daerah di Tanah Papua, yakni:  Jayapura, Keerom, Wamena, Merauke dan Sorong dan Raja Ampat.

Sumber: http://www.satuharapan.com

Terimakasih atas kunjungan anda di www.FAK-FAK.com , Silahkan berbagi :