2017, Pencetakan Sawah di Papua Barat seluas 1999 Hektare

Gubernur dan Pangdam saat cetak sawah Kampung Sumber Boga – Masni menggunakan traktor.
MANOKWARI — Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, di tahun 2017 kembali melakukan pencanangan pencetakan sawah baru.

Kepala Dinas  Tanaman Pangan , Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat lr.Yacob S. Fonataba dalam acara tanam padi perdana di Kampung Sumber Boga,  Distrik Masni –  Kabupaten Manokwari  (11/10/2017), menyampaikan, kegiatan merupakan penjabarkan  kebijakan Presiden Jokowi – JK  yang dituangkan dalam Nawacitanya. Termasuk mewujudkan  visi – misi Gubernur dan Wagub Dominggus – Lakotani.

Dalam rangka menjaga  stabilitas ketahanan pangan tersebut, jelas dia, pemerintah  membuat kebijakan pembangunan pertanian  berupa program  kegiatan perluasan  areal cetak  sawah) dengan pelibatan TNI – AD dalam pelaksanaan kegiatan kontruksi fisiknya.

“Selain cetak sawah, untuk penuhi kebutuhan pangan di Papua Barat kami akan mengembangkan juga komoditas  lokal seperti  keladi, ubi kayu, dan sagu. Aneka pangan itu diharapkan  mampu menjaga  ketahanan pangan  dan mengantisipasi kelangkaan pangan di provinsi ini,” kata Fonataba.
Lanjut dia, program perluasan areal pencetakan sawah sudah dimulai sejak tahun 2015  lalu. Hal ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama antara Menteri Pertanian dan panglima TNI – AD yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman.

Untuk tahun 2017, rinci Fonataba, pelaksanaan perluasan sawah di wilayah Provinsi Papua Barat luasnya mencapai 1999 hektare tersebar di delapan kabupaten,   yaitu Kabupaten Sorong seluas 415 hektara, Kabupaten Mansel seluas  520 hektare, Teluk wondama seluas 40 hektare, Teluk Bintuni seluas 322 hektare, Sorong Selatan seluas 292 hektare, Tambrauw seluas 50 hektare, dan  Kabupaten Raja Ampat seluas 150 hektare. “Sumber pembiayaan kegiatan tersebut  dari APBN tahun 2017 dengan nilai  pagu anggaran  sebesar Rp 36.931.000.000,” sebutnya.

Kegiatan tanam perdana tahun 2017 tersebut,  dihadiri oleh Gubernur Papua Barat, Pangdam Kasuari, Bupati dan Wakil bupati Manokwari serta sejumlah Forkompimda Provinsi Papua Barat yang secara bersama turun ke sawah melakukan penanaman bibit padi dengan menggunakan teknologi mesin tanam. (cr79)

Sumber: Cahayapapua.com
2017, Pencetakan Sawah di Papua Barat seluas 1999 Hektare 2017, Pencetakan Sawah di Papua Barat seluas 1999 Hektare Reviewed by Fakfak on 12:41:00 Rating: 5
Powered by Blogger.