Asisten II Bupati Fakfak Tutup Kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

FAKFAK  – Bupati Fakfak Drs. Muhammad Uswanas, M.Si, melalui Asisten II, Carles Kambu dalam acara penutupan kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir di Aula Diklat Pemda mengatakan kepada wartawan, bahwa selaku pemerintah daerah menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat melalui BP2IP yang bekerja sama dengan Pemerintah Fakfak dalam kegiatan diklat tersebut.

Dikatakan Kambu, kita harus siapkan sumber daya manusia (SDM), yakni pemuda yang kita lihat saat ini 150 peserta yang ada, semua perwakilan pemuda. Tujuannya adalah agar ke depan bisa mampu pemuda kita membangun sumber daya alam (SDA).

“Karena SDA kita di Fakfak sangat potensial, oleh sebab itu patutlah kita syukuri karena dengan momentum kegiatan diklat sekaligus menyiapkan sumber daya manusia agar jangan lagi kita jadi penonton di negeri sendiri, tetapi harus jadi pemain inti,” ujarnya (23/10/2017).

“Sehingga kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah sangat penting dan strategis serta sangat cocok ketika dikelolah langsung oleh Dinas Perikanan. Plt. Kepala Dinas, Untung Tamsil juga merupakan pemuda yang aktif dalam organisasi KNPI sebagai Penasehat, oleh karena itu tidak ada salahnya merekrut pemuda pesisir,” katanya.

Karena dalam minggu ini para investor dari luar akan masuk di Fakfak, kemudian ada bantuan-bantuan kapal yang sejak dulu pemerintah daerah berikan, namun sampai saat ini mubazir atau gagal digunakan dengan baik, kita belum menyiapkan SDM, karena bantuan kapal sudah ada tapi SDM tidak ada bagaimana mau dikelola. Oleh karena itu, mainset yang seperti itu harus kita rubah menyiapkan SDM terlebih dahulu, setelah itu bantuan akan dikuncurkan.

Lanjutnya, harus kita jadi pemain bukan lagi jadi penonton setia, kami berharap ketika investor masuk hanya bisa membawa lima atau enam orang khusus putra daerah yang sudah dididik mengelola semua.

“Karena kami tidak ingin lagi mendengar alasan seperti dulu, karena ini merupakan pekerjaan khusus butuh keterampilan, agar pemuda di Fakfak tidak hanya bekerja yang kasar-kasar saja, sekarang sudah tidak ada lagi, suka tidak suka harus mereka terlibat mulai dari yang halus maupun yang kasar, karena saat ini sudah kami siapkan SDM,” tegas Kambu. (Fan/Kontr)

Sumber: wartaekspres.com
Asisten II Bupati Fakfak Tutup Kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Asisten II Bupati Fakfak Tutup Kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Reviewed by Fakfak on 21:58:00 Rating: 5
Powered by Blogger.