Jokowi Tambah 2 Rute Kapal Tol Laut ke Indonesia Timur Tahun Depan

Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Pemerintah lewat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), akan menambah 2 trayek baru kapal laut. Saat ini ada 13 rute yang dilayani kapal bersubsidi, dan sebagian besar rutenya berada di Indonesia Timur.

Inspektur Jenderal Kemenhub, Wahju Satrio Utomo, memastikan tambahan rute 2 baru kapal tol laut itu berada di Indonesia Timur. Namun demikian, dirinya belum menentukan rute pasti yang bakal disinggahi kapal tol laut itu. 

"Dua rute baru pengembangan akan membuat daerah-daerah bisa terkoneksi, dari 13 rute menjadi 15 rute. Masih di Indonesia Timur, tapi kita enggak terpaku 2 saja, kita akan lihat perkembangannya nanti," ungkap Wahju saat Rakornas Tol Laut di Crown Hotel, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Dia menjelaskan, harga dan stok bahan pokok di daerah-daerah yang disinggahi kapal tol laut tersebut relatif lebih stabil. Ini lantaran kapal tol laut yang beratnya di atas 3.300 DWT memiliki daya angkut besar, serta operasionalnya tak terpengaruh cuaca di laut. 

"Yang jelas masyarakat di sana sudah memiliki waktu reguler kedatangan kapal yang pasti. Jadi tahu kapan kapal datang, kapasitasnya juga besar," ucap Wahju.

Dia mengungkapkan, saat ini dari 13 rute kapal tol laut yang sudah beroperasi, 7 rute dijalankan dengan skema penugasan kepada PT Pelni (Persero). Sementara sisanya diserahkan kepada swasta lewat tender.

"Kita akan lihat perkembangannya. Peran swasta bisa lebih besar. Kita sudah tetapkan 2 tambahan rute baru, tapi belum bisa menentukan di mananya (pelabuhan singgah). Ini masih dikaji, makanya akan dibahas di Rakornas ini," pungkas Wahju.

Di tempat yang sama, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Bay Hasani, mengungkapkan pihaknya hanya menambah dua trayek baru tol luat lantaran keterbatasan anggaran. 

"Tahun depan ada 15 rute tol laut, dari saat ini ada 13. Pertama karena disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Kedua karena tentunya kita melihat apa yang sudah dilaksanakan di 2017, sehingga kita enggak bisa tambah lebih banyak, kita juga masih melihat perkembangannya, masih perlu ada evaluasi," kata Bay.

Menurutnya, sesuai rencana memang hanya ada 2 rute baru kapal tol laut yang dibuka. Namun di tengah jalan, pihaknya bisa kembali menambah lagi rute lain jika memang dibutuhkan. Sementara untuk anggaran subsidi tol laut tahun 2018 yakni Rp 447 miliar, naik dibandingkan tahun 2017 sebesar Rp 335 miliar.

"Karena kalau langsung ekspansi yang lebih banyak, tentunya kita keluar biaya besar, sementara manfaatnya bisa kurang optimal, jadi mubazir. Itu juga kami tak menutup kemungkinan akan ditambah lagi, jadi enggak harus menunggu sampai 2019 buat ditambah lagi," ujar Bay. 

Dia mencontohkan, di awal pembukaan rutel laut yang dibuka awalnya sesuai rencana hanya 6 trayek, namun kemudian di tengah jalan bertambah menjadi 13 trayek. Bey belum bisa menjabarkan 2 trayek baru yang akan dibuka itu. 

Wahju mengungkapkan, 13 tol laut yang sudah beroperasi ini masih dilakukan kajian manfaatnya, apakah ditambah rutenya opsi mengubah atau menambah jalur destinasi pelabuhan jika dirasa bisa lebih optimal. 

"Kita lihat perkembangannya saat ini sudah 13 trayek, ini menunjukan bahwa ada perkembangan positif. Artinya barang yang diangkut ke daerah tujuan meningkat, sehingga ada perkembangan positif. Sementara dua (trayek) yang baru, dari 13 jadi 15," tutur Wahju.

Berikut 13 rute tol laut yang menyinggahi sebanyak 41 pelabuhan di Indonesia:
  1. Rute T1, yaitu Tanjung Perak-Wanci-Namlea-Wanci-Tanjung Perak.
  2. Rute T2, yaitu Tanjung Perak-Kalabahi-Moa-Saumlaki-Moa-Kalabahi-Tanjung Perak.
  3. Rute T3, yaitu Tanjung Perak-Calabai (Dompu)-Maumere-Larantuka-Lewoleba-Rote-Sabu-Waingapu-Sabu-Rote-Lewoleba-Larantuka-Maumere-Calabai (Dompu)-Tanjung Perak.
  4. Rute T4, yaitu Tanjung Perak-Bau Bau-Manokwari-Bau Bau-Tanjung Perak.
  5. Rute T5, yaitu Makassar-Tahuna-Lirung-Tahuna-Makassar.
  6. Rute T6, yaitu Tanjung Priok-Natuna-Tanjung Priok.
  7. Rute T7, yaitu Tanjung Priok-Enggano-Mentawai-Enggano-Tanjung Priok.
  8. Rute T8, yaitu Tanjung Perak-Belang Belang-207-Sangatta-P Sebatik-Tanjung Perak.
  9. Rute T9, yaitu Tanjung Perak-Kisar (Wonreli)-Namrole-Kisar (Wonreli)-Tanjung Perak.
  10. Rute T10, yaitu Makassar-Tidore-Tobelo-Morotai-Maba-Pulau Gebe-Maba-Morotai-Tobelo-Tidore-Makassar.
  11. Rute T11, yaitu Tanjung Perak-Dobo-Merauke-Dobo-Tanjung Perak.
  12. Rute T12, yaitu Makassar-Wasior-Nabire-Serui-Biak-Serui-Nabire-Wasior-Makassar.
  13. Rute T13, yaitu Tanjung Perak-Fakfak-Kaimana-Timika-Kaimana-Fakfak-Tanjung Perak.
(idr/wdl/detik.com)
Jokowi Tambah 2 Rute Kapal Tol Laut ke Indonesia Timur Tahun Depan Jokowi Tambah 2 Rute Kapal Tol Laut ke Indonesia Timur Tahun Depan Reviewed by Fakfak on 16:20:00 Rating: 5
Powered by Blogger.