Papua Barat Kembangkan 1.000 Hektar Perkebunan Pala

ils -petik pala -bergas/jateng
MANOKWARI - Pemerintah akan mengembangkan perkebunan pala seluas 1.000 hektare di Kabupaten Fakfak dan Kaimana, Papua Barat. Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Papua Barat, Yacob Fonataba di Manokwari mengatakan, program tersebut akan dimulai pada tahun 2018 melalui Dipa Kementerian Pertanian.

"Sudah ada pertemuan antara Bapak Gubernur dengan Menteri Pertanian. Program itu Bapak Gubernur Dominggus yang ajukan langsung ke Bapak Menteri," kata Fonataba kepada wartawan.
Sesuai pertemuan dengan Menteri Pertanian Arman Sulaima, menurutnya, program tersebut sudah pasti dilaksanakan pada tahun depan. Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan produksi komoditas ekspor daerah tersebut.
"Kalau untuk tahun ini, kami dapat program rehabilitasi tanaman pala. Berlokasi di Fakfak seluas 200 hektare," ujarnya lagi.
Dia mengutarakan, selaian Fakfak dan Kaimana, Kabupaten Teluk Wondama pun dinilai memiliki potensi tanaman tersebut. Pemerintah daerah setempat telah menyiapkan 200 hektare lahan penanaman.
Fonabata mengemukakan, pala sudah memiliki pasar yang cukup menjanjikan, baik di dalam maupun luar negeri. Buah dan biji pala dari Fakfak selama ini sudah dikirim hingga ke luar negeri.
"Perdagangan buah pala, bekerja sama dengan pemerintah Jawa Timur. Dari Fakfak dikirim ke Surabaya lalu dari sana di kirim ke luar negeri," ujarnya lagi.
Pengiriman belum bisa dilakukan melalui Papua Barat, karena derah tersebut belum memiliki pelabuhan internasional."Pala yang dijual bukan hanya dalam bentuk buah mentah. Sudah ada beberapa jenis olahan yang diproduksi masyarakat. Jadi masyarakat terutama Fakfak sudah sangat siap," pungkasnya.(lm)
Papua Barat Kembangkan 1.000 Hektar Perkebunan Pala Papua Barat Kembangkan 1.000 Hektar Perkebunan Pala Reviewed by Fakfak on 16:05:00 Rating: 5
Powered by Blogger.