Tender di Kabupaten Fakfak Diduga Diskriminatif

Ramli Uswanas (Pemerhati Pembangunan Nasional)
Tender seharusnya digunakan sebagai sarana untuk memperoleh barang/jasa yang efektif, efisien, serta bermanfaat bagi seluruh rakyat. Hal ini karena tender dan pelaksanaan pekerjaannya menggunakan dana yang diperoleh dari pajak rakyat itu sendiri sehingga harus kembali ke masyarakat dalam bentuk barang/jasa yang berkualitas.
Namun hal ini tidak terjadi di Kabupaten Fakfak. Dugaan diskriminatif telah diperlihatkan oleh oknum Kelompok Kerja (Pokja) ULP Kabupaten Fakfak dengan membuat persyaratan-persyaratan tender yang tidak memiliki dasar hukum sama sekali. Ujar, Ramli Uswanas (Pemerhati Pembangunan), lewat pesan elektroniknya, pada Selasa, (10/10).
Parahnya, persyaratan ini juga memberangus perusahaan kecil dan pengusaha asli Papua untuk turut serta berpartisipasi dalam tender di wilayahnya sendiri.
Peraturan pengadaan barang/jasa yang telah dikeluarkan oleh Presiden dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perubahannya sebenarnya telah adil dan mampu memberikan peluang yang sama dan setara kepada semua pengusaha di daerah ini. Tukasnya
Namun, oknum-oknum Pokja ULP merasa lebih paham dibandingkan Presiden dengan menambahkan persyaratan yang tidak tercantum dalam Perpres tersebut yang patut diduga untuk mengamankan pihak-pihak tertentu yang telah disiapkan sebelum tender dimulai.
Menurut Khalid Mustafa, ahli pengadaan barang/jasa Indonesia dalam pelaksanaan acara sosialisasi peraturan pengadaan barang/jasa di Fakfak, “sebagian besar pelaksanaan tender yang dilakukan oleh Pokja ULP Kabupaten Fakfak tidak sesuai dengan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Perubahannya, sehingga berpotensi menjadi perbuatan melawan hukum yang merupakan salah satu indikasi tindak pidana Korupsi.”
Perlu perhatian dari seluruh masyarakat di Kabupaten Fakfak untuk turt serta mengawal pelaksanaan tender yang nantinya akan dinikmati oleh masyarakat itu sendiri. Tutup Ramli.
Sumber:http://delikindonesia.com
Tender di Kabupaten Fakfak Diduga Diskriminatif Tender di Kabupaten Fakfak Diduga Diskriminatif Reviewed by Fakfak on 14:37:00 Rating: 5
Powered by Blogger.