Tindak Lanjuti MoU Dana Desa, Ini yang Dilakukan Polres Fakfak Papua Barat

Polda Papua Barat – Polres Fakfak, Kapolri bersama menteri dalam negeri dan menteri desa daerah tertinggal dan transmigrasi telah menandatangani MoU atau kesepakatan bersama tentang pencegahan dan pengawasan penggunaan dana desa, bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan dana desa yang efektif, efisien dan akuntabel, sehingga penyaluran dana desa benar-benar tepat sasaran dan digunakan untuk pembangunan desa yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kapolres Fakfak AKBP Gazali Ahmad, S.IK, MH. menilai bahwa MoU tersebut memiliki arti strategis dalam konteks pemerataan pembangunan dengan  asas manfaat didalamnya. Dalam pelaksanaannya, tentu harus diawasi dan dikawal oleh semua pihak, khususnya Kepolisian.

“Kita punya satu orang Bhabinkamtibmas di semua desa. Mereka inilah nanti yang akan menjadi garda terdepan bersama dengan unsur 3 pilar lainnya” ujar AKBP Gazali saat memberi arahan kepada Kasatbinmas beserta jajarannya di halaman Mapolres Fakfak, Senin (23/10).

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Fakfak Iptu LaRuslan, SH. menegaskan, pihaknya akan segera mensosialisasikan perihal MoU tersebut kepada seluruh Kades di wilayah Fakfak. Koordinasi yang baik akan menciptakan suasana yang tenteram dan tidak saling mencurigai satu sama lain.

“Kepolisian dalam hal ini Bhabinkamtibmas memiliki kewenangan pengawasan terhadap penggunaan dana desa. Ini yang harus dipahami oleh semua pihak. Oleh karenanya, sosialisasi menjadi sangat penting agar tercipta sinkronisasi kerja yang muaranya adalah pembangunan yang menyejahterakan masyarakat” ungkap Iptu La Ruslan.

Ia berharap dengan sosialisasi secara masif kepada masyarakat luas, penyaluran dana desa akan dimanfaatkan sebaik-baiknya secara transparan dan akuntabel sehingga hasil yang dicapai yakni kesejahteraan masyarakat dapat berhasil secara optimal.

Sumber: maspolin.com
Tindak Lanjuti MoU Dana Desa, Ini yang Dilakukan Polres Fakfak Papua Barat Tindak Lanjuti MoU Dana Desa, Ini yang Dilakukan Polres Fakfak Papua Barat Reviewed by Fakfak on 22:03:00 Rating: 5
Powered by Blogger.