Dubes Inggris: Kerjasama Dengan Pemprov Papua Sudah Ada Hasil Nyata

Dubes Inggris, Moazzam Malik bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe menyaksikan penandatanganan payung kerjasama oleh Kadis Pendidikan, Elias Wonda/ Riri
JAYAPURA, – Pemerintah Inggris mengharapkan program kerjasama berbagai bidang dengan Pemerintah Papua yang sudah berjalan kurang lebih satu dekade (10 tahun) dapat terus berlanjut.

Program kerjasama yang sudah berjalan selama ini seperti program Sistem Tata Ruang (Simtaru), program di bidang pendidikan, perekonomian dan lingkungan hidup.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik dalam kunjungannya ke Papua diterima langsung oleh Gubernur Lukas Enembe. Mereka melakukan pertemuan tertutup di Gedung Negara Dok V Jayapura, Jumat (17/11) malam.

Kepada pers usai pertemuan, Dubes Moazzam Malik menegaskan, pihaknya sangat mendukung Papua tetap berada dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), guna kemajuan Papua dan masa depan putra putri papua sebagai generasi penerus bangsa.

“Kami sudah bekerjasama dengan provinsi Papua selama 10 tahun dan sudah ada hasil yang nyata dan sangat bermanfaat,” kata Moazzam

Melalui kerjasama sistem tata ruang, menurutnya, masyarakat Papua bisa mengusulkan keperluan dan permintaannya, sehingga nantinya memunculkan proses peninjauan kembali perizinan yang awalnya sudah diberikan. Dimana sudah ada beberapa izin yang di cabut pemerintah Papua, setelah adanya Simtaru ini.

“Saya kira ini salah satu contoh kerjasama yang perlu dipertahankan, dan kami berharap kedepan bisa terus bekerjasama di bidang tata ruang,” harapnya.

Selain itu, lanjut Moazzam, pihaknya juga berkeinginan mempromosikan aktivitas perekonomian Papua yang ramah lingkungan. “Jadi orang Papua bisa menggunakan sumber daya alam secara ramah lingkungan bukan untuk merusak hutan,” ujarnya.

Program Simtaru Jadi Contoh

Sementara itu Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan ucapan terima kasih untuk program Simtaru ini. Menurutnya, dengan bantuan pemerintah Inggris untuk sistem tata ruang, ini baru disahkan di era kepemimpinannya. Dia berharap Simtaru ini, bisa menjadi contoh buat provinsi-provinsi lain di Indonesia.

“Hampir sekian tahun dibawah pendampingan kedutaan Inggris, baru sekarang tata ruang Papua menjadi bagus, dan akhirnya kami sahkan dalam perdasi dan perdasus,” ujar Gubernur yang dalam pertemuan didampingi Sekda Hery Dosinaen dan sejumlah pimpinan SKPD terkait.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada pemerintah di 29 kabupaten/kota se Papua, tata ruang yang sudah diputuskan lewat Perdasi dan Perdasus dapat dilaksanakan. “Jadi untuk tata ruang di kabupaten kota harus mengacu pada tata ruang yang ada di provinsi,”pungkasnya.[Riri]

Sumber: http://www.wartaplus.com/dubes-inggris-kerjasama-dengan-pemprov-papua-sudah-ada-hasil-nyata/
Dubes Inggris: Kerjasama Dengan Pemprov Papua Sudah Ada Hasil Nyata Dubes Inggris: Kerjasama Dengan Pemprov Papua Sudah Ada Hasil Nyata Reviewed by Fakfak on 11:03:00 Rating: 5
Powered by Blogger.