PASTI indonesia Koruptor Sedang Bermain Kriminalisasi di Fakfak!

FAKFAK - (MANews) – Kabupaten tua yang bernama Fakfak, sejak beberapa dekade tidak pernah sekalipun tercium berita yang baik, terutama seja...

FAKFAK - (MANews) – Kabupaten tua yang bernama Fakfak, sejak beberapa dekade tidak pernah sekalipun tercium berita yang baik, terutama sejak era pemerintahan Mohammad Uswanas (Mocha). Mulai dari gurita korupsi berjemaah yang menggerogoti Fakfak, janji-janji manis PALA yang berujung pada demo petani, pemalsuan dokumen negara 501 guna melanggengkan diri menjadi Bupati Fakfak, hingga yang teranyar adalah kriminalisasi terhadap dua anggota dewan. Yaitu Semuel Hegemur (SE) dan Edward Budiman Go (EBG), yang dimana sebenarnya kasus tersebut sudah selesai melalui Perdamaian dan sidang Etik. Namun upaya kriminalisasi tetap di dorong oleh Bupati Fakfak melalui kaki tangannya yaitu Kejari Fakfak, Jefri Huwae yang juga terlapor Skandal Peti ES terhadap seluruh perkara Korupsi di Fakfak yang diduga dilakukan oleh Bupati dan Kolega, yang dimana skandal ini telah dilaporkan oleh PASTI Indonesia ke KPK dan JAMWAS Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Adapun cerita yang dihimpun oleh MataAnginnews dilapangan, pengrusakan kaca jendela kantor Sekwan itu memang benar terjadi dan dilakukan oleh Semuel Hegemur dan Edward, dan hal ini juga sama sekali tidak dibantah oleh yang bersangkutan, namun Jelas pengurusakan tersebut terjadi karena Kekhilafan yang di picu oleh ketidak jelasan atas pembayaran hak para Wakil Rakyat oleh pihak Sekwan yang disinyalir karena pesanan pihak ketiga guna menghambat kinerja wakil rakyat yang pada saat itu sedang melaksanakan tuntukan Masyarakat membongkar persoalan dokumen rekayasa 501.

Pengrusakan kaca karena kekhilafan tersebut, rupanya dimanfaatkan sebagai momentum oleh Bupati Fakfak yang saat itu merasa sangat terganggu terkait persoalan 501, segeralah diperintahkan sekwan untuk melakukan laporan pidana terkait pengrusakan tersebut, dengan terlapor semuel hegemur dan Edward Budiman Go. Namun lucunya, jauh hari sebelum ada kasus pengrusakan kaca Jendela, beberapa anggota dewan lain mengrusak komputer dan 6 buah laptop, namun tidak ada laporan kepolisian apapun. Ya memang jelas, mengapa khusus untuk dua nama tersebut yang dilaporkan, namun anggota dewan yang lain tidak? Karena dua nama tersebutlah yang sangat vocal mengangkat persoalan documen palsu yang disinyalir dipergunakan Bupati Fakfak dalam upaya memenangkan Pilkada lalu. Tentunya sang Bupati sangat terganggu terkait dengan ini, apalagi persoalan tersebut sudah dibawa ke-ranah Nasional dan Gubenur Papua Barat sendiri sudah menerima langsung laporan pemalsuan dokumen tersebut.

Pandangan PASTI Indonesia

PASTI Indonesia sendiri sangat intens mengikuti apa yang terjadi di Fakfak, dalam wawancara khusus kepada MAnews. Susanto, selaku Direktur Nasional PASTI Indonesia mengatakan jelas ini adalah sebuah kriminalisasi yang sedang dimainkan oleh Kingkong Fakfak (sebutan khusus dari Direktur PASTI Indonesia). Disatu sisi, Susanto juga menyayangkan sikap aparatur penegak hukum terutama Kepolisian Resort Fakfak, khususnya kepada Kasat Reskrim yang tidak menelaah persoalan dengan baik, yang akhirnya seolah menjadi alat kepentingan politik salah satu pihak!

Kapolres terdahulu, AKBP Gazali Ahmad tentu sangat mengetahui perihal pengrusakan kaca jendela tersebut, namun secara  tidak arief dan bijaksana menelaah masalah tersebut sebagai proyek perpisahan dengan Bupati Fakfak,dan tentunya Kapolres baru AKBP Deddy Foury Millewa tidak terlalu mengetahui terkait hal permasalah ini, maka momentum itulah yang dipakai pihak Mocha melalui Kasat Reskrim yang sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari mantan Kapolres, ABKP Gazali Ahmad untuk menaikan perkara tersebut, apalagi untuk mengejar P-21 tidaklah sulit mengingat Kajari Fakfak itu adalah orang peliharaan sendiri yang sudah dikenyangkan dengan proyek-proyek dan markup-markup. Perlu Masyarakat ingat, Sosok Kajari Fakfak adalah seorang Jaksa yang diawasi oleh JAM PIDUM dan JAMWAS, dengan track record pernah bermain dengan mafia narkoba, dengan cara merekayasa Rentut (rencana tuntutan)  yang menyebabkan bersangkutan hampir saja dipecat secara tidak hormat sebagai seorang PNS.

Sekedar mengingatkan, agaknya aparat penegak hukum khususnya kepolisian dapat bersikap PROMER sebagaimana Perintah Bapak Kapolri, serta tidak terjebak dalam ranah kepentingan politik siapapun. Karena setelah ditelaah dan di cermati, dalam Kasus Pengrusakan ini sendiri sudah terjadi perdamaian dan sidang etik Badan Kehormatan Dewan. Sekiranya Kasat Reskrim Fakfak tidak lupa pendidikan PEMOLISIAN yang baik, bahwa fungsi sosial dari kepolisian adalah sebagai fasilitator Perdamaian. Lah ini kok apa yang sudah damai dipersoalkan? dan kontennya sendiri lebih pada kepentingan politik. Jika memang Kasat Reskrim mampu setegas itu terkait persoalan pengrusakan kaca yang justru sudah damai, maka sekiranya laporan korupsi yang dilakukan oleh Bupati Fakfak yang sudah di supervisi KPK segera di proses, atau kalau memang perlu PASTI Indonesia akan kirimkan komplit laporan Korupsi yang dilakukan oleh Bupati dan Kolega untuk segera dapat di-tersangkakan.

Masyarakat harus Cerdas

PASTI Indonesia sendiri dalam akhir wawancaranya menghimbau agar masyarakat di fakfak untuk cermat dalam melihat persoalan yang sedang menimpa dua anggota dewan tersebut, karena konten yang dimuat dalam penetapan tersangka itu sendiri menurut PASTI Indonesia selain Cacat Administrasi, lebih jelas mengarah pada upaya kriminalisasi.

Secara hukum jelas, pemanggilan tersangka seorang Dewan itu harus melalui izin mendagri atau izin tertulis dari Badan Kehormatan sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi. Lah ini persoalan sudah didamaikan, sudah di ganti kaca jendela yang rusak, sidang Badan Kehormatan juga sudah. Kok Kasat Reskrim kekeh untuk menaikan perkara? Dan tanpa prosedur melakukan pemanggilan? Silahkan masyarakat nilai sendiri. Sekiranya Citra POLRI yang sudah terbangun baik tidak kembali dirusak oleh segelintir oknum guna memuaskan pihak tertentu dan mengejar kepentingan pribadi.

Dalam kasus pengrusakan kaca jendela Sekwan itu, seolah-olah tersirat adalah sebuah perencanaan yang dimana Wakil rakyat sengaja dipancing untuk emosi dengan ditahannya hak selama berbulan-bulan oleh sekwan atas perintah seseorang, guna menghambat kinerja dewan yang memang hambatan ini disengaja diperuntukan memancing emosi agar mendapatkan kesalahan dari anggota dewan. Yang akhirnya memang terpancinglah dua orang anggota dewan  tersebut melakukan pengrusakan. Yang dirusak itu rumah rakyat yang dibangun dengan pajak rakyat, rakyatnya tidak marah kenapa Bupatinya yang kebakaran jenggot seolah rumahnya yang dirusak! Itu masyarakat marah karena Bupati tipu-tipu soal Pala, Bupati korupsi dana rakyat, kok tidak ada proses tindak lanjut dari yang namanya penegak hukum?! Bupati yang baik harusnya marah dan malu kepada diri sendiri karena belum mampu membawa daerah yang dipimpinnya menjadi sejahtera, bukan marah karena kesejahteraan dirinya terusik oleh beberapa orang yang vokal atas scandal yang dilakukan oleh Bupati tersebut!

Ibarat rumah saya, saya rusak terus saya sudah berdamai dengan orang rumah saya, kenapa ada orang lain yang marah? dan lucunya orang lain yang marah itu menekan orang rumah saya untuk laporan kekepolisian untuk memproses saya? Memangnya Polisi itu Satpam pribadi yang bekerja atas perintah Bosnya. Dalam waktu dekat juga, saya akan bawa persoalan ini kepada Divkum Mabes dan Propam Mabes POLRI, karena agak janggal juga untuk saya, beberapa kasus proyek-proyek markup yang sudah di supervisi KPK selalu terkendala dan malah kasus persoalan sepele yang atas perintah Bupati bisa langsung naik, tandas Susanto diakhir wawancara.

Dan kepada dua anggota dewan tersebut, Susanto sendiri menaruh perhatian khusus, selain akan terus memantau perkembangan kasusnya, Susanto juga menitipkan pesan supaya kedua anggota dewan tersebut dapat tabah dan terus melawan ketidak-adilan, karena jelas dalam upaya kriminalisasi ini tersirat tujuan akhir daripada upaya ini, yakni sebagai Bargaining Power atau upaya tawar terhadap kedua anggota dewan tersebut untuk mencabut seluruh laporan maupun keputusan terkait kasus rekayasa dokumen negara 501 yang sudah bergulir ke Nasional, selain itu juga upaya kriminalisasi ini juga bertujuan agar kedua anggota dewan tersebut mendapatkan PAW (pergantian antar waktu) dari partainya, karena apabila sudah menjadi terpidana tentunya kedua anggota dewan tersebut sudah tidak dapat menjalanan tugasnya dan membutuhkan pergantian kekosongan didalam parlemen. Dan setelah terjadi PAW, maka Bupati Fakfak dengan mudah mengatur untuk pembatalan semua keputusan dan tindaklanjut terkait Rekayasa dokumen 501 yang sebelumnya sudah dikeluarkan oleh dua anggota dewan tersebut.

MAnews sendiri selaku media independen akan terus mengikuti perkembangan terkait kasus ini, guna menghindari Abuse Of Power yang dilakukan pihak-pihak tertentu guna mengkriminalisasi atau mengkerdilkan demokrasi itu sendiri. (Sky)
perintah bupati
sidang etik
perdamaian
damai 2
perbaikan jendela

loading...
Name

ACEH,2,ADAT,6,ADVOKASI,2,AFKN,2,AGAMA,6,AGRARIA,1,AHOK,4,Air Terjun,2,AJI,5,AJUDAN,1,AKSI,14,ALUMNI,1,AMAN,1,AMBON,2,AMNESTY INTERNASIONAL,1,AMP,13,ANAK,4,ANAK PAPUA,7,ANCAMAN,5,ANEH,6,ANGGARAN,4,ANGKATAN LAUT,1,ANJING,1,APARAT,6,APEL PERDANA,1,APLIKASI,3,Apner Hegemur,3,ARAB,1,AREMA,1,ARGENTINA,1,ARKEOLOGI,2,ARTIKEL,12,ASEAN,2,ASIAN GAMES,1,ASISTEN BUPATI,1,ASMAT,3,ASRAMA,3,ATI-ATI,1,ATIATI,1,ATLET,1,ATLET NPC,1,ATURAN,2,AUSTRALIA,6,Bahasa,1,Bahlil,1,BAKOMUBIN,1,BALI,1,BALI UNUTED,1,BALIKPAPAN,1,BANDARA,9,BANDUNG,6,BANGKOK,1,BANGSA,1,BANJARMASIN,1,BANSOS,1,BANTEN,1,BAPPENAS,1,BARACK OBAMA,1,BARANG BUKTI,1,BATAM,2,BATU AKIK,2,BAWASLU,4,BAYI,1,BBM,1,BEASISWA,2,BEIJING,1,BEKASI,1,BELANDA,3,BENCANA,1,BENDERA,2,BERITA,2,BIAK,4,BIN,5,BINATANG,1,BINTANG KEJORA,7,BISNIS,8,BMKG,3,BMP,5,BOAZ,6,BOAZ SOLOSSA,15,BOCAH,1,BOLA KAKI,17,BOM,5,BORNEO FC,2,BORNEOFC,5,BPFC,1,BPK,1,BPKM,1,BPOM,1,BPS,2,BRONGKENDIK,1,BUAH PALA,7,BUAH PINANG,1,BUKU,3,BULOG,3,BUMD,2,BUMN,1,BUPATI,18,BURUH,3,BURUNG,3,CABUP,1,CALON BUPATI,2,CALON GUBERNUR,1,CATALUNYA,1,CATATAN,18,CBFams,1,CENDRAWASIH,1,CERPEN,1,CHINA,5,CIVIL LIBERTY DEFENDERS,1,Clan Fakfak,3,CPNS,6,CYBER,2,DAK,1,DAMPAK,2,DANA DESA,3,DAP,4,DAYUNG,1,DEIYAI,6,DEKLARASI,3,DEMO,7,DEMOKRASI,2,DEMOKRAT,3,DEN HAAG,1,DEPORTASI,1,DESA,2,DESA ADAT,1,DEWAN ADAT MBAHAM MATTA,1,DEWAN HAM,5,DIALOG,6,DIGITAL,1,DIKLAT,1,DINAS KESEHATAN,1,DINAS PENDIDIKAN,1,Diplomat,1,DISKRIMINASI,1,DISKUSI,1,DISTRIK,5,DISTRIK ARGUNI,1,DISTRIK BOMBERAY,2,DISTRIK FAKFAK BARAT,1,DISTRIK FAKFAK TENGAH,2,DISTRIK FAKFAK TIMUR,5,DISTRIK FAKFAK TIMUR TENGAH,1,DISTRIK KARAS,3,DISTRIK KOKAS,10,DISTRIK MBAHAMNDADARA,1,DISTRIK PARIWARI,1,DISTRIK TELUK PATIPI,3,DISTRIK WARTUTIN,3,DISTRIK WERBA,1,DJADJANG NURDJAMAN,1,DOGIYAI,4,DOKTER,1,DOKUMEN,1,DPD,5,DPR,11,DPRD,26,DPRP,4,DUBES,12,DUKA,4,Dupiad,3,E-KTP,4,EBOUT ME,1,Eduard Tjong,1,EKONOMI,38,EKPEDISI,2,EKSEKUSI MATI JILID IV,1,EKSOTIK,1,EKSPEDISI,7,ELITE,1,ELSHAM,2,ENERGI,3,EROPA,1,ESSAY,1,EVALUASI,1,Everd Scor Rider Daniel,9,FACEBOOK,3,FAKFAK,120,FERINANDO PAHABOL,3,Festival Film Papua,1,FIFA,2,FIJI,2,FILOSOFI,2,Firza Husein,2,FKUB,1,FORMASI,1,FORUM REKTOR INDONESIA,1,FRAKSI,2,FRAKSI OTSUS,1,FREEPORT,28,FRI-WEST PAPUA,6,Futsal,2,GADIS,1,GADUNGAN,1,GAFATAR,3,GARUT,1,GBHN,1,GEMPA,1,GEMPAR,1,GERALD PANGKALI,1,GEREJA,5,GEREJA KINGMI,1,GERHANA,3,GERINDRA,3,GILBERT DUARAMURI,1,GKI,4,GMKI,2,GMNI,2,GMPHP,1,GNPF,1,GOLKAR,1,GRASI,1,GUBERNUR PAPUA,10,GUBERNUR PAPUA BARAT,8,GUGATAN,5,GURU,2,HACKER,2,Haderat,1,HAJI,2,HAK,1,HAM,24,HANURA,3,HARDIKNAS,3,HARI BURUH,1,HAUS GOL,1,HEWAN,1,HIKING,1,HIMBAUAN,1,HIPELMAFA,1,HIPHOP,3,HIPMAS,1,HIZBUT TAHRIR,6,HONORER,2,HPH,1,HRWG,1,HUKUM,45,HUT,13,HUTAN,6,HUTANG,1,IDENTITAS,1,IGI,1,IKAN,1,ILEGAL,1,IMANUEL WANGGAI,1,IMLEK,1,INDIA,1,INDONESIA,136,INDUSTRI,2,INFOFAKFAK,3,INFORMATIKA,3,INGGRIS,5,INSPEKTORAT,1,INTEGRASI,1,INTERNASIONAL,24,INTERNET,4,INVESTOR,2,IPMANAPANDODE,1,IPMAPA,2,IPWP,1,IQ,1,IRAN,1,ISC2016,4,ISIS,1,ISLAM,5,ISRAEL,4,ISTANA,2,ISU PAPUA,6,ITE,1,JACK KOMBOY,1,JADWAL,1,Jadwal Perempat Final,1,JAFRI SASTRA,2,JAKARTA,37,JALAN,5,JAMAAH,1,JAMBI,1,JANJI,1,JAWA TIMUR,1,JAYAPURA,40,JENEWA,1,JEPANG,3,JET TEMPUR,1,JOANA LEE,1,JOGJAKARTA,10,JOKOWI,58,JOMBANG,3,JUDI,1,JURNALIS,4,KABUPATEN FAKFAK,152,KABUT ASAP,3,KADIS,1,KAI,1,KAIMANA,8,KAIN TIMOR,1,KAJIAN,1,KALIMANTAN,3,KAMPUNG,10,KAMPUNG ANTALISA,1,KAMPUNG MAMBUNIBUNI,1,KAMPUNG PURWASAK,2,KAMPUNG SEKBAN,1,KAMPUNG TARAK,2,KAMPUNG WAYATI,1,KAPAL,4,KAPITALISME,1,KAPOLDA,9,KAPOLRES,5,KAPOLRI,3,KAPP,1,KAPTEN,1,KASUARI,1,KASUS,11,KATOLIK,6,KDRT,1,KEBAKARAN,2,KECAM,1,KECANDUAN,1,KECELAKAAN,4,KECEWA,1,KEDIRI,1,KEGIATAN,1,KEJAKSAAN,6,KEJARI,4,KEKAYAAN,1,KEKERASAN,6,KEKUASAAN,1,KELAS INSPIRASI,1,KELAUTAN,1,KEMARAU,1,KEMBAR,1,KEMENAG,1,KEMENDAG,1,KEMENHUB,1,KEMENKES,1,KEMENPORA,1,KEMENRISTEKDIKTI,1,KEMISKINAN,3,KEMLU,1,KENDENG,2,KEPALA KAMPUNG,1,KEPALA SUKU,1,KERAJAAN,5,KERETA API,6,KEROOM,1,KERUKUNAN,1,KERUSUHAN,1,KESEHATAN,17,KESURUPAN,1,KEUANGAN,3,KIAMAT,1,KINAM,1,KISAH,3,Kitikiti,2,KJRI,1,KLARIVIKASI,1,KLB,2,KLUB,1,KNPB,11,KNPI,2,KODAM,1,Kodim,4,KODIM 1706,2,KOKAS,1,KOLOM,6,KOMINFO,4,KOMNAS,1,KOMNAS HAM,2,KOMNAS PEREMPUAN,1,KOMUNIKASI,1,KONFERENSI,1,KONFLIK,1,KONSERVASI,1,KOPI,1,KORAMIL,1,KORBAN,12,KOREA UTARA,1,KOREM,2,KORUPSI,9,KOTA PALA,7,KPU,10,KREATIF,1,KRIMINAL,4,KRISMON,2,KRISTEN,3,KTT MSG,8,KTT OKI,1,KUALIFIKASI,2,KUALIFIKASI PON 2016,1,KUNJUNGAN,7,KUPANG,3,Kutukan WO,1,LAHAIROI,1,LAPAS,4,LAPIS KEDUA.,1,LAPORAN,1,LARANGAN,1,LBH,3,LEGISLATOR,2,LENSA,1,LESSA,1,LIFESTYLE,2,LIGA INGGRIS,1,LIPI,5,LIRIK,1,LISTRIK,1,LMA,2,LNG TANGGUH,3,LOGO,1,LONDON,4,LOWONGAN,1,LP3BH,6,LSM,1,LUAR NEGERI,47,LUCU,2,LUKAS MANDOWEN,1,Lukisan,1,LUSIPERI,3,MADURA UNITED,1,MAHASISWA,43,MAHKAMAH AGUNG,1,MAHKAMAH KONSTITUSI,1,MAKANAN,1,MAKAR,5,MAKASAR,2,MALANG,2,MALUKU,3,MALUKU UTARA,1,MAMAT ALKATIRI,1,MAMBERAMO,1,MANADO,2,MANCHESTER,1,MANILA,2,MANOKWARI,31,MANSEL,1,MANUSIA,2,MARS,1,MASALAH,1,MASJID TERTUA,2,MASJID WERTUAR,1,MASYARAKAT,3,MASYARAKAT ADAT INDEPENDEN,1,MATARAM,1,MAYBRAT,2,MAYDAY,3,Mbaham-Matta,3,MEDIA,3,MEDSOS,10,MELANESIA,5,MELINDO,3,MENAG,2,MENDAGRI,3,MENDES,1,MENDIKBUD,1,MENHAN,1,MENHUB,2,MENKOPOLHUKAM,4,MENKUM,2,MENLU,7,MENPORA,1,MENTERI,11,MENTERI DESA PDTT,1,MENTERI ESDM,1,MENTERI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN,1,MENYERAH,1,MERAUKE,7,MERDEKA,3,MERGER,1,MIFEE,1,MIGAS,1,MILITER,7,MIMIKA,1,MINAHASA MERDEKA,2,MINERAL,1,MIRAS,13,Misteri,1,MOCHA,1,MONITORING,1,Moses Krispul,1,MPR,1,MRP,2,MSG,18,MUATAN LOKAL,1,MUBALLIGH,1,MUDIK,1,MUI,3,MUMI,1,MUSIK,2,MUSLIM PAPUA,3,MYANMAR,1,NABIRE,4,NAHDLATUL ULAMA (NU),4,NAM AIR,1,NAPI,2,NARKOBA,6,NASIONAL,19,NATAL,2,NDUGA,1,NEGARA,3,NEGARA RAKYAT NUSANTARA,2,NEW YORK,2,NEW ZEALAND,1,NKRI,2,NTT,4,OAP,4,OJEK,1,olah raga,1,OLAHRAGA,81,OMK,2,OPERATOR,1,OPINI,19,OPM,3,ORGANDA,1,ORGANISASI,1,ORMAS,5,OTSUS,17,PACITAN,1,PAHABOL,1,PAHLAWAN,1,PAKAR,1,PALA,6,PALANG,1,PALANNGKA RAYA,1,PALEMBANG,1,PALESTINA,7,PALU,1,PAN,1,PANCASILA,1,PANGAN,1,PANGDAM,4,PANGLIMA,1,PANIAI,1,PANORAMA,2,PANWASLU,1,PAPAUA MERDEKA,2,PAPUA,133,PAPUA BARAT,100,PAPUA ISLAND CUP II,1,PAPUA MERDEKA,80,PAPUA NEW GUINEA,1,PARIWISATA,8,PARLEMEN,3,PAROKI,1,PARTAI,17,PASAR,3,PASAR IKAN,2,PASIFIK,5,PASKIBRAKA,1,PASTI INDONESIA,3,PATRICK WANGGAI,3,PAUS,2,PAW,1,PBB,15,PBD,1,PBFC,10,PDIP,2,PDRB,1,PEDAGANG,1,PEKABARAN INJIL. HUT PI,1,PELABUHAN,5,PELANGGARAN,8,PELANTIKAN,1,PELAPOR KHUSUS PBB,5,PELATIHAN,2,PELNI,1,PELURU,1,PEMBAKARAN,2,PEMBANGUNAN,16,PEMBUBARAN,2,PEMBUNUHAN,6,PEMBURU,1,PEMEKARAN,4,PEMERINTAH,13,PEMILU,3,PEMILU 2019,1,PEMILUKADA,1,PEMIMPIN,1,PEMUDA ANSOR,1,PEMUDA KATOLIK,1,PENANGKAPAN,22,PENDAKI,3,PENDAPAT,2,PENDETA,1,PENDIDIKAN,29,PENDUDUK,1,PENELITIAN,3,PENEMBAKAN,17,PENEMUAN,1,PENERBANGAN,3,PENGALAMAN,2,PENGHARGAAN,1,PENGOBATAN,1,PENGRUSAKAN,2,PENINGGALAN,1,PENIPUAN,1,PENUMPANG,1,PENYERANGAN,1,PERAWAT,2,PERBATASAN,8,PERBUDAKAN,1,PERDA,6,PEREMPAT FINAL,1,PEREMPUAN,4,PERGURUAN TINGGI,1,PERIKANAN,2,PERINDO,3,PERISTIWA,20,PERKEBUNAN,1,PERNYATAAN SIKAP,1,PERPPU,3,PERPUSTAKAAN,1,PERS,2,PERSEBAYA,1,PERSEMAN,1,PERSIB,3,PERSIFA,4,PERSIJA,2,PERSIPURA,44,PERSIRAM,1,PERTAMBANGAN,5,PERTAMINA,1,PERTANIAN,2,PERUSAHAN,1,PESAWAT,9,PESPARAWI,1,PETANI PALA,1,PETISI,4,PETUANAN,3,PGI,1,PGPP,2,PIALA JENDERAL SUDIRMAN,3,PIALA KEMERDAKAAN,1,PIALA PRESIDEN,25,PICTURE,7,PIDATO,1,PIF,2,PILKADA,30,PKI,1,PKMFP,3,PLANET,1,PLN,8,PNG,9,POLDA,6,POLISI,19,POLITEKNIK,1,Politik,14,POLITIKUS,4,POLITISI,1,POLRES,3,POLRES FAKFAK,12,POLRI,2,POLWAN,1,PON,1,PON 2020,6,PONTIANAK,1,POPNAS,1,PORT MORESBY,1,POTENSI,4,PPNI,1,PPP,2,PRA KUALIFIKASI PON 2016,1,PRAMUKA,1,PRANCIS,2,PRESENTASI,1,PRESIDEN,6,PRESS RELEASE,1,PRODUK,1,Profile,1,PROTES,1,PROVINSI,4,PROYEK,4,PRPPB,1,PSK,2,PSM,1,PSSI,1,PTGTS,1,PTUN,2,PUASA,1,PUISI,2,PULAU,1,PUNCAK JAYA,6,PUNCAK PAPUA,1,PURWOREJO,1,RAHASIA,1,RAJA,4,RAJA AMPAT,6,RAKER,2,RAKHINE,1,RAKOR,1,RAPBD,1,RASIS,1,RAZIA,1,REFERENDUM,4,REGISTRASI,1,REKLAMASI,1,REKTOR,1,REVISI,1,RIAU,3,Rizieq Shihab,4,RRI,2,RSUD,2,RUBEN SANADI,1,RUBRIK,1,RUPIAH,1,RUSIA,3,SAGU,2,SAHAM,1,SAINS,1,SALATIGA,1,SAMARINDA,1,SAMM,1,SANKSI,1,SANTRI,1,SASTRA,1,SATGAS,2,SATLANTAS,1,SAWAH,2,SAWIT,1,SD,2,SDA,1,SEJAHTERA,1,SEJARAH,5,SEJARAH FAKFAK,1,SEKAR,1,SEKDA,3,SEKWAN,1,SELAYAR,1,SELEBRITI,2,SELEKSI,1,SEMARANG,8,SEMIFINAL,1,SEMINAR,2,SENATOR,2,SENJATA,1,SENTANI,2,SEPAKBOLA,72,SEPARATIS,5,SERANGAN,1,SERIKAT BURUH,1,SERUAN,1,SERUI,2,SFC,2,SIAK,3,SIARAN LANGSUNG,1,SIARAN PERS,2,SIBER,1,SIBORU,4,SIDANG,5,SIDANG SINODE,2,SISWA,1,SITUS,2,SIWA,1,SMA,1,SMK,1,SOEKARNO,1,SOFBOL,1,SOLIDARITAS,2,SOLO,1,SOLOMON,1,SOMASI,1,SORONG,16,SORONG SELATAN,1,SOSIAL BUDAYA,12,SOSIALISASI,1,SPORT CENTER,1,SRIWIJAYAFC,2,STAF AHLI,1,STAF PRESIDEN,1,STAN UP COMEDY,1,STIKIP NUU WAR,1,STUDI,1,SUBANG,1,SULAWESI,2,SULSEL,1,SULTAN,2,SUMPAH PEMUDA,1,SUPORTER,1,SURABAYA,1,SURABAYA UNITED,1,SURAT,5,SURAT GEMBALA,2,SURAT TERBUKA,1,SYDNEY,1,T-TEAM,1,TAMBARUNI,4,TAMBRAUW,1,TANAH ADAT,8,TANZANIA,1,TAPOL,7,Tapuarang,1,TARUNG DERAJAT,1,TATTO,1,TAXI,1,TEKNOLOGI,11,TELEKOMUNIKASI,1,TELUK BINTUNI,3,TEMBAKAU,1,TENAGA KERJA,2,Terens Puhiri,2,TERNATE,1,TERORISME,1,TIDORE,1,TIMIKA,13,TINJU,2,TIONGKOK,1,TIPS,4,TNI,12,TNI AL,1,TOKOH,5,TOL LAUT,6,TOLIKARA,1,TOP 10,14,TRADISI,1,TRAFIKING,1,TRAINING,1,TRANS PAPUA,4,TRANSISI,1,TRANSMIGRASI,5,TRANSPORTASI,1,TRIGANA AIR,6,Trikora,1,TUNTUTAN,2,TURUN GUNUNG,1,UGM,1,UJI COBA,1,ULMWP,44,UMAT,1,UMP,1,UNBK,1,UNDANGAN,2,UNESCO,2,UNGA,1,UNIK,11,UNIVERSITAS,3,UPACARA,6,UPR,1,USA,9,UTANG,1,UU,4,UU ITE,1,VANUATU,1,Video,15,VIRUS,1,VISI & MISI,1,VONIS,1,WAGOM,1,WAGUB,2,WALHI,1,WAMENA,3,WANITA,1,WAPRES,6,WARTAWAN,8,WASIOR,1,WAWANCARA,4,WEBSITE,2,Wersuri,1,WIFI,2,WILAYAH,3,WINGS AIR,1,WISATA RELIGI,1,WNA,4,WNI,2,WONDAMA,2,WONOGIRI,1,XPRESS AIR,1,XVIII/Kasuari,2,YAHUKIMO,2,YAPEN,1,YLBHI. UU,1,Yogyakarta,11,YOOYOO JAE HOON.,1,YPK,1,ZULHAM ZAMRUN,1,
ltr
item
Fak-fak.com: PASTI indonesia Koruptor Sedang Bermain Kriminalisasi di Fakfak!
PASTI indonesia Koruptor Sedang Bermain Kriminalisasi di Fakfak!
https://4.bp.blogspot.com/-c0EdwRng2sc/WnmL7KQrDBI/AAAAAAAADO4/FsL6pGax3DQs2zMgqLvURkhGW73edFjTgCEwYBhgL/s320/stop%2Bkriminalisasi%2B2%2Banggota%2Bdprd%2Bfakfak.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-c0EdwRng2sc/WnmL7KQrDBI/AAAAAAAADO4/FsL6pGax3DQs2zMgqLvURkhGW73edFjTgCEwYBhgL/s72-c/stop%2Bkriminalisasi%2B2%2Banggota%2Bdprd%2Bfakfak.jpg
Fak-fak.com
https://www.fak-fak.com/2018/02/pasti-indonesia-koruptor-sedang-bermain.html
https://www.fak-fak.com/
https://www.fak-fak.com/
https://www.fak-fak.com/2018/02/pasti-indonesia-koruptor-sedang-bermain.html
true
2824627817923222939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy