Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan

FAKFAK – Salah satu Pemerhati Pendidikan di Kabupaten Fakfak, Mikhael Kaia Beda menyatakan, pendidikan karakter adalah pendidikan yang sangat penting bagi anak-anak yang masih dialam dunia
pendidikan, karena pendidikan karakter dalam dunia pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi siswa yang baik. Sebagai guru juga atau pendidik perlu memberikan contoh dan perilaku yang baik bagi siswa.

“Dalam dunia pendidikan, saya melihat tiga aspek yaitu, pengetahuan, sikap dan ketrampilan kepada anak-anak,”ujar pak Mikhael sapaan akrabnya saat ditemui media ini disela-sela pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh Paroki St. Paulus Wagom Fakfak, Minggu (11/2/2018) siang.

Menurut Kepala Sekolah SD YPPK Fatima Fakfak ini, dari sisi pengetahuan, para peserta didik bisa mentranfer ilmu sudah tentu menjadi pintar, sehingga memiliki kemampuan akademik yang baik.

“Tapi jangan lupa dari sisi lain juga kita harus ingat bahwa, sikap dan ketrampilan harus ditanamkan dalam diri anak-anak, karena saya lihat perkembangan anak-anak dari hari ke hari, bulan bahkan tahun ke tahun, anak-anak punya perilaku, ya mohon maaf tidak semua, tapi masih dikategorikan memiliki perilaku yang sangat lemah,”kata Mikhael.

Oleh karena itu, dia mengharapkan agar pembentukan karakter bagi mereka (siswa,red) harus ditanamkan kembali, sehingga menjadi anak didik yang baik, jujur, bertanggungjawab, dan bisa menghormati orang lain.

“Jadi bagi saya pendidikan karakter ini sangat penting bagi siswa, dan sejak dini harus diterapkan, karena ini bekal mereka bisa bekerja,”jelasnya. [terry]

Sumber: beritalima.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel