Belitan Kanker KKN

Belitan Kanker KKN

Belitan Kanker KKN


barangkali kita harus menyetujui,  bahwa KKN (korupsi,  kolusi dan Nepotisme) adalah anak sah dari suatu sistem negara kleptokrasi yang bernama orde baru.  selama 32 tahun, bayangkan saja,  KKN telah disemaikan, ditanam,  dipelihara,  dipupuk dan dipanen secara besar-besaran sehingga menghasilkan negara yang ambruk. 

Maka mustahil reformasi menjadi obat mujarab yang akan memberantas penyakit KKN dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.  Untuk hal lain,  reformasi belum tentu bisa di andalkan.  

Sebetulnya,  istilah pemberantasan KKN sudah berusia tidak muda lagi. Ia misterius, semisterius manusia sebagai aktor utamanya.  Ia kompleks, karena kita berhadapan dengan kompleksitas "konstitusi" yang bernama manusia.  

Tinggal satu pertanyaan, dengan apa kita bisa mendobrak peligitimasian KKN ini?  Apa boleh buat,  kita membutuhkan political wil dan juga yang paling penting adanya keberanian politik dari seluruh komponen masyarakat untuk menjadikan "monumen moralitas" yang diharapkan bisa menular secara luas "rasa malu" yang krusial sebagai benih sikap Anti KKN. 

Revolusi mental harus dibarengi dengan revolusi Akhlak;  hal ini sama sekali tidak mudah karena mustahil berkembang ditengah kubangan busuk KKN.  Kanker kronis KKN menembus sendi-sendi kehidupan berbangsa di tengah bangsa ini sedang berjuang keluar dari krisis menakutkan pasca covid-19. 

Semua data yang sempat terekspos media masa hanyalah menggambarkan sebuah gunung es persoalan KKN. Dibawah itu,  jumlah dan luasnya KKN tak terperikan lagi!  Ketika semua orang berebut peluang dan kesempatan untuk melakukan KKN, siapa yang sanggup mengkalkulasi parah kerusakan yang ditimbulkannya? apakah KPK dan BPK bisa?  Belum tentu!!!  

Kita hanya bisa mendengar orang-orang bergumam "Pantas bangsa ini mau berlama-lama berkubang di dalm krisis ekonomi,  politik, dan moral" dengan terang-terangan para aktor berbaju orange senyum lebar melambaikan tangan di hadapan awak media tanpa rasa malu dengan pemotongan masa tahanan.  Akhir kata,  Belitan kanker KKN telah Menggurita ke seluruh pelosok negeri.  

0 Response to "Belitan Kanker KKN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel